Inilah Pilihan Menu Sehat untuk Diet saat Puasa, Lengkap untuk Buka dan Sahur

 Inilah Pilihan Menu Sehat untuk Diet saat Puasa, Lengkap untuk Buka dan Sahur

Menu buka dan sahur untuk diet saat puasa-Hello Sehat-

DISWAYJATENG - Diet saat puasa menjadi pilihan yang unik bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan kekhawatiran karena pola makan yang berubah. Pola makan itu bisa memberi pengaruh untuk Kesehatan dan keseimbangan berat badan dalam tubuh.

Pertama-tama, buat teman-teman yang lagi berdiet, jangan khawatir! Kamu tetap bisa menjalankan program diet saat  puasa, kok. Asalkan kamu konsisten dan bisa menghindari godaan makanan manis yang biasanya jadi buka puasa favorit.

Puasa emang sering dijadikan momen buat menurunkan berat badan. Tapi kadang, justru banyak godaan makanan saat berbuka yang bisa bikin berat badan kita naik. Nah, salah satu rahasia suksesnya itu adalah kontrol makanan yang masuk ke dalam perut kita.

BACA JUGA:Ingin Tampil Kurus di Hari Lebaran? Gunakan 8 Cara Diet saat Puasa yang Aman dan Efektif

Mungkin kamu pernah ngalamin naiknya berat badan pas lagi puasa gara-gara gak bisa kontrol makanan, kan? Terutama pas berbuka, waktu di mana aktivitas kita biasanya udah mulai melambat.

Nah, kalau kamu makan berlebihan, bisa-bisa energi yang kita bakar udah gak seimbang dengan kalori yang masuk. Akhirnya, kalori yang berlebihan itu malah jadi lemak. Diet saat puasa ini baik untuk Kesehatan kamu jika kamu melakukannya dengan cara yang benar.

Tapi tenang, buat kamu yang pengin tetap menjalani pola makan sehat alias diet saat puasa, ada nih panduan menu diet yang bisa kamu coba.

BACA JUGA:Rahasia Diet Sehat saat Berpuasa Beserta Tipe-tipenya yang Viral

Sahur

Pas sahur, coba deh fokus lebih ke protein daripada karbohidrat. Kamu bisa cobain beberapa kombinasi makanan kayak gini:

- Ikan salmon panggang, dikasih brokoli rebus, kentang tumbuk, apel, dan susu.

- Ayam panggang, dicombinasi sama kacang panjang atau buncis rebus, tempe atau tahu goreng, teh manis, dan semangka.

Menambah asupan protein bisa bantu meningkatkan metabolisme dan energi kita sepanjang hari. Karbohidrat memang bisa bikin kita kenyang, tapi terkadang juga bikin lemes, apalagi pas puasa. Jadi, pastiin makanan sahurmu bermanfaat dan bikin energi kamu tetap stabil.

Diet saat puasa bisa kamu imbangi dengan makanan yang 4 sehat 5 sempurna. Dengan begitu, program diet kamu akan berjalan dengan lancer tanpa merugikan Kesehatan.

Oatmeal dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan segelas teh hijau atau kopi juga bisa jadi pilihan menu yang ringan, sehat, dan bikin kenyang lebih lama. Dengan konsumi makanan jenis ini, maka kamu bisa menjalankan diet saat puasa dengan kondisi tubuh yang sehat.

Buka Puasa

Nah, biasanya berbuka itu jadi godaan banget buat kita yang lagi berdiet. Kadang kita jadi kebablasan makan makanan manis yang gak memberi energi, tapi malah bikin tubuh lemes. Jadi, mulai sekarang, coba deh pilih jajanan yang sesuai dengan program dietmu.

Jangan sembarangan makan jajanan atau camilan Ketika kamu menjalani program diet saat puasa. Dengan melakukan program ini, tentunya kamu harus bertanggungjawab untuk mengelola pola makan kamu sendiri.

BACA JUGA: Amankah Diet saat Berpuasa Ramadhan? Berikut Tips dan Trik yang Bisa Anda Lakukan

Beberapa pilihan camilan berbuka yang gak bakal ngangguin dietmu adalah:

- Kolak, kurma, es buah, atau bihun. Tapi inget ya, jangan dimakan semua sekaligus, pilih salah satu aja. Yang penting, jangan sampai porsi makan kamu kebablasan.

Buat makanan beratnya, kamu bisa pilih sesuai dengan menu sahur atau beda asal jangan yang berat-berat banget. Buat tahan fisik kamu tetap jaga, ngemil kue kecil sambil minum teh plus madu bisa jadi pilihan yang oke.

Diet saat puasa juga tetap membutuhkan banyak suplemen vitamin. Jadi, jangan lupa tetap mengonsumsi vitamin untuk menjaga Kesehatan tubuhmu.

Jadi, dengan memilih makanan yang tepat dan tetap menjaga pola makan sehat, kamu tetap bisa menjalankan program dietmu dengan sukses, bahkan saat sedang puasa. Selamat mencoba!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: