Meski Tak Ada DC Lapangan Pinjol, ini Alasan Penyedia Pinjaman Ilegal Minta Akses Lokasi Kepada Debitur

Meski Tak Ada DC Lapangan Pinjol, ini Alasan Penyedia Pinjaman Ilegal Minta Akses Lokasi Kepada Debitur

Meski tak ada DC lapangan pinjol, ini alasan pinjol ilegal minta akses lokasi--

DISWAY JATENG - Penawaran pinjaman online kini marak digunakan sebagian orang untuk memenuhi kebutuhan mendesak, entah itu legal atau ilegal. Meski tak ada DC lapangan pinjol, platfrom ilegal seringkali meminta akses lokasi ke debitur.

Lalu, apa alasan penyedia pinjaman ilegal minta akses lokasi walaupun tidak menggunakan DC lapangan pinjol? Sebelum membahas lebih lanjut, penting diketahui bahwa pinjol ilegal tidak ada pengawasan dari OJK dan aktivitas di dalamnya tidak sah.

Walaupun begitu, banyak debitur yang menggunakan pinjol ilegal karena memiliki syarat yang mudah. Jika Anda nekat menggunakanya, siap-siap mendapati kerugian termasuk dari DC lapangan pinjol.

Namun, meski tak menagih menggunakan DC lapangan pinjol secara langsung, biasanya debitur akan diminta akses lokasi. Berikut ulasan lengkap seputar alasan pinjol ilegal minta akses lokasi debitur walaupun tidak ada debt collector.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol Selama Ramadhan Agar Lepas dari Beban Pinjaman Saat Lebaran

Alasan Pinjol Ilegal Minta Akses Lokasi Meskipun Tidak Ada DC Lapangan Pinjaman Online

Pinjaman online ilegal tidak menggunakan debt collector seperti pinjol legal. Hal ini dikarenakan, dengan menyewakan DC lapangan pinjol maka keberadaan penyedia pinjaman bisa dilacak oleh lembaga pengawasan keuangan.

Sering menjadi pertanyaan, walaupun tidak menggunakan debt collector kenapa pinjaman ilegal minta akses lokasi? Melansir dari laman Hukumonline.com, umumnya platfrom penyedia pinjaman ilegal hanya akan meminta akses di HP debitur mulai dari SMS, WhatsApp, nomor telepin, kokasi, dan kamera.

Alasan pinjol ilegal minta akses lokasi kepada debitur walaupun tidak ada DC lapangan pinjol, yakni untuk melakukan ancaman atau teror. Seperti yang diketahui, platfrom ilegal melakukan praktik penagihan dengan cara kasar dan tidak wajar.

Ancaman tersebut seperti meneror debitur setiap hari. Lalu, apa fungsi dari akse lokasi yang diminta oleh penyedia pinjol ilegal? Pinjol ilegal akan meneror nasabah galbay dengan cara mengirimkan orderan fiktif atau paket misterius.

BACA JUGA:Foto Pribadi Disebar oleh DC Lapangan Pinjol? Begini Solusi Supaya Pihak Pinjol Mendapatkan Efek Jera

Akses perizinan lokasi tersebut, hanya untuk melacak keberadaan debitur. Selain itu, mereka juga sering berada di lokasi sekitar tempat tinggal debitur untuk mengambil foto.

Foto tersebut akan digunakan untuk mengancam dan meneror debitur supaya cepat melunasi utang. Apabila Anda saat ini mengalami kejadian teror tersebut, segera laporkan ke pihak berwenang.

Selain itu, hapus data, hapus akses, dan copot pemasangan aplikasinya di HP Anda. Supaya masalah dengan pinjol ilegal bisa terselesaikan, Anda bisa melaporkannya dengan cara ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: