Ini Dia 3 Modus Operasi Joki Pinjol yang Dapat Menimbulkan Risiko Galbay dan Penipuan

Ini Dia 3 Modus Operasi Joki Pinjol yang Dapat Menimbulkan Risiko Galbay dan Penipuan

Modus operasi joki pinjol--

Salah satu hal yang perlu diwaspadai, yakni jika uang sudah dibayarkan maka pinjaman tidak cair. Dalam artian, calon peminjam ditipu oleh penyedia jasa joki pinjol.

Lalu, apakah korban penipuan tersebut bisa melacak identitas dari penyedia jasa joki pinjol? Beberapa penjahat dapat menggunakan identitas palsu, sehingga sulit untuk dilacak atau dituntut jika terjadi penipuan.

BACA JUGA: 5 Cara Aman Menghapus Data NIK KTP di Pinjol Agar Tidak Disalahgunakan

3. Tekanan Waktu atau Ancaman

Modus operasi joki pinjol berikutnya, yakni dengan tekanan waktu atau ancaman untuk membuat korban terburu-buru dalam membuat keputusan. Di beberapa kasus, mereka akan mengancam dengan menutup kesempatan pinjaman jika uang muka tidak dibayarkan.

Supaya terhindari dari beberapa risiko merugikan tersebut, Anda perlu memperhatikan hal di bawah ini. Berikut beberapa langkah yang bisa diambil:

  • Lakukan riset terlebih dahulu terkait informasi perusahaan pinjol sebelum mengajukan pinjaman.
  • Jangan pernah membayar uang muka jika pinjaman belum cair.
  • Perhatikan tanda-tanda peringatan, seperti penawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan atau tekanan untuk membayar dengan cepat.
  • Batasi memberikan informasi pribadi atau finansial sensitif kepada pihak penyedia jasa joki pinjol yang mencurigakan.
  • Jika Anda menjadi korban penipuan jebakan joki pinjol, segera laporkan ke pihak berwenang dan hubungi layanan konsumen dari platform pinjaman online yang terpercaya.

Demikian informasi seputar modus operasi joki pinjol yang perlu diwaspadai jika ada penawaran dari mereka. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: