Ketahui! Inilah 9 Hal yang dapat Membatalkan Puasa

Ketahui! Inilah 9 Hal yang dapat Membatalkan Puasa

9 Hal yang dapat Membatalkan Puasa--

DISWAY JATENG - Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat islam. Di bulan Ramadhan semua muslim wajib melaksanakan ibadah puasa, kecuali orang yang sakit, bepergian jauh 82 km (musafir). Untuk menyempurnakan ibadah puasa, muslim harus menghindari beberapa hal yang dapat membatalkan puasa.

Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun islam yang keempat setelah zakat. Umat islam yang menjalankan puasa harus memahami tata cara puasa dengan benar. Agar hal yang dapat membatalkan puasa bisa untuk dihindari.

Seperti halnya ibadah sholat, dalam menjalankan puasa juga ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa. Lalu apa saja yang dapat membatalkan ibadah saat berpuasa?.

Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui beberapa hal yang dapat membatalkan ibadah puasa.

BACA JUGA:6 Olahraga yang Tidak Mengganggu Puasa di Bulan Ramadan

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, semua muslim diwajibkan untuk menahan diri dari hal yang dapat membatalkan puasa. Mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari muslim harus menahan diri dari hal-hal tersebut.

9 Hal yang dapat membatalkan puasa

Berikut beberapa hal yang bisa merusak puasa dan perlu Anda ketahui sebagai umat muslim.

1. Makan dan minum secara sengaja

Makan dan minum dengan unsur kesengajaan, maka ini merupakan hal yang bisa membatalkan shaum. Tetapi jika makan dan minum yang tidak disengaja atau lupa, maka hal ini tidak membatalkan puasa.

2. Memasukkan obat dan benda lain lewat dua jalan

Memasukkan obat dan benda lain lewat dua jalan artinya, memasukkan obat melalui dua jalur lewat mulut atau dubur merupakan hal yang bisa merusak puasa. Contoh kasusnya orang yang sedang dalam masa pengobatan ambeien harus memakai obat lewat dubur.

Maka pengobatan ambeien bisa dilakukan setelah berbuka puasa atau saat sahur agar tidak mengganggu ibadah puasa.

3. Merokok

Merokok juga termasuk hal yang membatalkan shaum. Meskipun merokok hanya dihisap dan tidak ditelan, tetapi para ulama sudah sepakat merokok dapat membatalkan puasa.

4. Muntah dengan sengaja

Hal yang dapat membatalkan puasa berikutnya adalah muntah dengan sengaja. Muntah secara sengaja dapat membatalkan puasa. Akan tetapi jika muntah yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja, maka puasa akan dianggap sah.

BACA JUGA:7 Cara Menggunakan Teknologi untuk Membantu Puasa Anda di Bulan Ramadan

5. Keluarnya air mani dengan sengaja

Keluarnya air mani atau sperma dengan sengaja, seperti bersentuhan dengan lawan jenis tanpa adanya hubungan seksual dan onani. Perkara tersebut bisa menjadi hal yang membatalkan shaum.

Tetapi jika air mani keluar tanpa sengaja, misalnya karena mimpi basah maka perkara tersebut tidak membatalkan puasa.

6. Haid dan nifas

Haid biasa terjadi setiap sebulan sekali pada perempuan yang sudah baligh. Perempuan yang tiba-tiba terkena haid saat sedang menjalankan puasa, maka puasanya dianggap batal. Begitu juga Perempuan yang sedang dalam masa nifas.

Oleh karena itu, Perempuan mempunyai kewajiban untuk menqadha puasa ramadhan pada bulan berikutnya.

7. Berhubungan suami-istri

Melakukan hubungan seksual (jimak) atau berhubungan suami-istri pada siang hari merupakan hal yang dapat membatalkan puasa. Selain harus mengqadha puasa, orang yang melakukannya juga akan dikenai denda atau kafarat.

8. Gila

Gila, bisa menjadi hal yang  membatalkan shaum. Orang yang mengalami gangguan jiwa atau gila saat sedang berpuasa maka puasanya tidak sah. Karena syarat wajibnya puasa adalah orang yang berakal sehat atau tidak gila.

9. Murtad

Orang yang sudah keluar dari agama islam atau murtad maka puasanya langsung batal. Murtad  adalah hal yang membatalkan shaum karena sifatnya mengingkari keesaan Allah SWT.

BACA JUGA:Amalan yang Bisa Menghapus dan Menyempurnakan Puasa Anda di Bulan Ramadan

Nah, itulah 9 hal yang dapat membatalkan puasa yang wajib anda ketahui, agar ibadah puasa anda menjadi lebih sempurna. Semoga yang menjalankan puasa Ramadhan kali ini diberi kelancaran dan kesempurnaan sampai selesai. (*)

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: