5 Cara Melunasi Hutang dengan Gampang, Tidak Ribet dan Auto Lunas

5 Cara Melunasi Hutang dengan Gampang, Tidak Ribet dan Auto Lunas

HUTANG - 5 Cara Melunasi Hutang! Mudah dan Pasti Lunas!--

DISWAY JATENG - 5 Cara Melunasi Hutang! Mudah dan Pasti Lunas! Hutang merupakan hal yang dilakukan sebagian orang ketika membutuhkan dana. Karena proses pengajuan pinjaman yang mudah dan pencairan yang cepat.

Dengan kemudahan yang dimiliki, berhutang menjadi salah satu pilihan agar setiap kebutuhan dapat terpenuhi. Namun terkadang ada yang terlilit hutang dan berikut cara melunasi hutang yang dapat Anda lakukan.

Cara melunasi hutang tentunya dapat dilakukan ketika Anda memiliki banyak hutang yang menumpuk dan bingung dalam melakukan pembayaran. Karena ketika sudah dengan bunga akan membuat nasabah kesulitan membayar.

BACA JUGA: Jangan Panik, Inilah Cara Efektif Melunasi Hutang dengan Cepat dan Halal yang Terlanjur Menumpuk

Cara melunasi hutang 

1. Membuat Catatan Hutang

Cara melunasi hutang yang pertama dapat Anda lakukan adalah dengan membuat catatan mengenai utang yang dimiliki. Dengan mencatat segala hutang yang dimiliki dapat membuat lebih jelas.

Dengan melakukan catatan mengenai pada lembaga keuangan apa Anda mengajukan pinjaman serta jumlah bunga yang dibebankan. Ketika sudah terlambat pembayaran tidak lupa biaya keterlambatan pinjaman.

Ketika membuat catatan keuangan tidak lupa memperkirakan pula seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk melunasi pinjaman. Tidak lupa membuat pula catatan keuangan sederhana untuk menghemat pengeluaran.

Karena saat Anda memiliki hutang dan belum dibayarkan tentunya akan membuat  bunga dan biaya keterlambatan akan semakin bertambah. Yang tentu akan semakin memberatkan saat melakukan pelunasan.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Hutang Pinjol dengan Tepat Waktu, Hindari Kejaran Debt Collector Datang ke Rumah

2. Lunasi yang Memiliki Bunga Tinggi

Dengan lunasi hutang yang memiliki bunga tinggi merupakan cara melunasi hutang yang dapat Anda lakukan selanjutnya. Sebab jika tidak dilakukan pembayaran akan membuat bunga pinjaman semakin berkembang.

Tentu dengan semakin besar bunga pinjaman tentu akan semakin sulit dalam melakukan pembayaran. Belum lagi biasanya terdapat biaya keterlambatan yang akan semakin menambah hutang.

Ketika melunasi hutang dengan bunga tinggi tentunya akan membuat beban finansial yang dimiliki semakin besar. Dan akan membuat pinjaman semakin sulit untuk dilakukan pelunasan hutang.

3. Gunakan Tabungan

Setelah melakukan perencanaan keuangan dan memprioritaskan pinjaman dengan bunga tinggi yang harus dilunasi. Cara selanjutnya adalah menggunakan tabungan yang dimiliki untuk melunasi.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Hutang Pinjol Agar Tidak Gagal Bayar, Begini Langkah Efektifnya

Dengan mencicil hutang dengan tabungan yang dimiliki dapat membuat hutang dan bunga akan berkurang karena sudah dibayarkan. Walaupun resiko dari cara ini tentunya sangat banyak dan cukup berbahaya.

Sebab menggunakan tabungan untuk membayar hutang tentunya membuat Anda tidak akan memiliki uang darurat. Yang akan sulit ketika dalam keadaan mendesak dan membutuhkan uang.

Namun, jika hal ini terjadi jangan melakukan pinjaman uang lagi untuk memenuhi kebutuhan darurat. Karena akan menyebabkan beban finansial yang semakin bertambah dan tidak akan selesai.

4. Menjual Aset yang Dimiliki

Cara melunasi hutang berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjual beberapa aset yang dimiliki. Terutama beberapa aset berharga untuk melunasi hutang agar tidak bertambah banyak.

BACA JUGA: 4 Pinjol Untuk Ibu Rumah Tangga! Bunga Rendah dan Tanpa Slip Gaji!

Ini dapat digunakan ketika Anda menilai menggunakan tabungan dapat menambah masalah keuangan. Dengan menjual aset yang dimiliki tentunya dapat mempercepat pelunasan hutang yang dimiliki.

5. Jual Barang Preloved

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah menjual barang preloved. Ini dapat menambah uang yang digunakan untuk melunasi hutang yang dimiliki setelah sebelumnya menjual aset.

Barang preloved ini bisa berupa baju, sepatu, tas dan sebagainya yang merupakan barang bermerk maupun limited edition. Karena dapat membuat uang yang diperoleh lebih banyak dan dapat melunasi hutang.

Dengan beberapa cara melunasi hutang ini dapat Anda lakukan dengan mudah dan pasti hutang yang dimiliki akan lunas. Namun dalam prosesnya harus bertahap dan tidak bisa secara instan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: