Begini Cara Efektif Melunasi Utang yang Menumpuk dengan Cepat dan Bijak Terbaru 2024

Begini Cara Efektif Melunasi Utang yang Menumpuk dengan Cepat dan Bijak Terbaru 2024

cara melunasi utang yang menumpuk dengan cepat dan bijak--foto dani rachmat

DISWAY JATENG - Memahami cara melunasi utang yang menumpuk dengan cepat dan bijak ketika meminjam pada rentenir hingga pinjam online (pinjol), ini bukan hal yang tidak mungkin.

Meski cara melunasi utang yang menumpuk dengan cepat dan bijak bisa dilakukan kepada pihak-pihak tersebut, lebih baik untuk tidak lagi melakukannya.

Kemudian tak jarang banyak pihak rentenir hingga pinjol yang menagih utang dengan tindakan sewenang-wenang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam keterangan tertulisnya menjelaskan pihak-pihak pemberi utang ini berlaku demikian karena tidak ada jaminan atau agunan yang dipersyaratkan pada akad pertama kali. Maka dari itu, perlu tahu cara melunasi utang yang menumpuk dengan cepat dan bijak.

Rentenir meminjamkan uang tidak dengan syarat atau dokumen serta identitas lainnya. Banyak orang merasa utang kepada rentenir lebih mudah daripada berutang kepada lembaga jasa keuangan formal. Padahal, rentenir memberi kesempatan utang demikian karena bunga yang dikenakan jauh lebih tinggi atau besar. Sehingga perlu tahu cara melunasi utang yang menumpuk.

Nah, agar bisa segera terbebas dari belenggu utang yang banyak, cobalah cara melunasi utang yang menumpuk dengan cepat dan bijak. Caranya bisa dilakukan dengan menentukan prioritas, menghitung keseluruhan secara teliti, hingga melakukan negosiasi.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Melunasi Utang yang Terlanjur Menumpuk? Berikut Tipsnya yang Harus Dicoba

1. Memohon Penghapusan Bunga

Bunga angsuran memang sudah menjadi bagian dari utang. Ini yang cukup memberatkan dalam proses pelunasan, apalagi jika persentase bunganya sangat tinggi.

Apabila pihak penerima utang benar-benar merasa tidak mampu untuk membayar sedemikian besar utang, cobalah memberanikan diri melakukan negosiasi dan meminta kebijakan penghapusan bunga kepada rentenir.

Jika rentenir berbaik hati, bukan tidak mungkin permintaan penerima utang dapat dikabulkan. Jikapun rentenir menolak, cobalah untuk meminta potongan atau keringanan bunga kepada pemberi utang. Cara ini menjadi solusi kunci agar utang lebih ringan ditanggung.

2. Meminta Pendampingan Pihak yang Paham

BACA JUGA:Bagaimana Cara Melunasi Utang Pinjol yang Sudah Menumpuk? Berikut 7 Langkah Mudah yang Harus Dicoba

Cara selanjutnya adalah meminta pendampingan pihak yang paham tentang utang piutang. Bagi orang yang awam, meminta pendampingan dapat mencegah timbulnya penagihan utang secara paksa dengan menyita barang ataupun menggunakan ancaman.

Penagihan utang sedemikian kejam tidak hanya terjadi di televisi, tetapi benar-benar terjadi di dunia nyata. Cara melunasi utang ini seperti meminta pendampingan kepada orang yang mengerti kasus utang piutang, akan menjadikan penerima utang lebih tenang menghadapi situasi demikian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: