5 Cara Cepat Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Solusi Tepat Lepas dari Jeratan Pinjol

5 Cara Cepat Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Solusi Tepat Lepas dari Jeratan Pinjol

cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay--foto radar tegal

BACA JUGA:Inilah 7 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Solusi Cerdas Bebas Beban Tagihan

3. Bernegosiasi dengan Pinjol

Tips melunasi utang pinjol juga tidak terlepas dari pinjol itu sendiri. Terkadang ada pinjol yang fleksibel dan bisa diajak bernegosiasi. Cara ini patut dicoba, lakukan negosiasi dengan pinjol. Pihak pinjol mungkin dapat memberikan solusi.

Penawaran dan ketentuan dari pihak pinjol mungkin bisa menguntungkan bagi kalian. Namun, jika tidak bisa maka mau tidak mau kalian harus mengikuti ketentuan yang berlaku sejak awal. Pinjol yang ilegal mungkin akan memberikan ketentuan yang justru memberatkan.

Bukan hanya penting untuk mengetahui tips melunasi utang pinjol, jauh sebelum itu pastikan meminjam dari pinjol yang resmi dan meminjam dengan nominal yang pasti bisa kalian lunasi agar tidak kesusahan atau menyesal diakhir karena terlilit hutang.

4. Jangan Bayar Hutang dengan Berhutang

Gali lubang tutup lubang alias bayar hutang dengan berhutang dari pinjol lain adalah cara yang tidak tepat. Cara ini justru tidak efektif dan akan membuat kalian terus terjebak dalam hutang, bahkan bisa lebih rugi.

Daripada membayar hutang dengan berhutang lebih baik kalian mengikuti tips melunasi utang pinjol dengan mengatur keuangan kedepannya, seperti cara sebelumnya, yaitu meningkatkan pendapatan atau menerapkan gaya hidup hemat.

BACA JUGA:8 Cara Melunasi Utang dengan Cepat dan Efektif Terbaru 2024, Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

5. Lakukan Pencatatan Utang Agar Tidak Bermasalah

Tips selanjutnya yaitu pastikan mencatat utang, berapa saja dan pada pihak siapa saja agar kalian tidak lupa. Selain itu, sebagai bukti kalian telah berhutang maupun membayar hutang.

Mencatat hutang penting agar kalian sendiri bisa waspada dan berhati-hati bagaimana memanajemen waktu dengan uang sehingga utang bisa segera kalian bayar. Tak jarang, orang melupakan hutang kemudian bingung mengumpulkan uang ketika jatuh tempo sudah dekat.

Demikian beberapa informasi mengenai cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay yang dapat kalian terapkan dan lakukan dengan beberapa langkah tersebut. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: