7 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol Secara Permanen 2024, Auto Aman dari Kejaran DC Lapangan

7 Cara Menghapus Data Pribadi di Pinjol Secara Permanen 2024, Auto Aman dari Kejaran DC Lapangan

cara menghapus data pribadi di pinjol secara permenan--foto jalan tikus

4. Laporkan ke OJK

Bila data kalian masih belum berhasil dihapus juga, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan, yaitu dengan melaporkan penyalahgunaan data pribadi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selanjutnya, kalian juga bisa menyerahkan masalah tersebut pada pihak yang berwenang.

5. Ganti SIM Card dan Nonaktifkan Akun Medsos

Supaya lebih yakin, kalian bisa mengganti SIM card dengan yang baru. Ini juga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menghapus datamu.

Selanjutnya, untuk mencegah penyebaran data, kalian juga perlu menonaktifkan seluruh akun media sosial yang kalian miliki untuk sementara waktu.

6. Hapus Seluruh Data Aplikasi

Bila kalian sudah mengajukan permohonan penghapusan data namun belum ada tanggapan. Kalian juga bisa menghapus data secara mandiri di ponselmu sebagai bentuk antisipasi. Adapun, caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka pengaturan pada ponselmu
  • Kemudian pilih ‘Pengaturan Aplikasi’ dan cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  • Selanjutnya, hapus data dengan memilih ‘hapus data dan cache’ 
  • Datamu berhasil dihapus dari aplikasi pinjaman online. 

BACA JUGA:Cara Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Terbaru 2024, Tak Perlu Takut Diteror Debt Collector

Meski begitu, cara ini tak menjamin data kalian 100% tetap aman dari penyalahgunaan. Karena, bisa saja pihak perusahaan P2P ilegal menyimpannya di tempat lain.

7. Lunasi Tagihan Terlebih Dahulu

Langkah menghapus data pribadi di pinjol yang paling utama yang harus dilakukan sebelum menghapus data diri di pinjaman online adalah melunasi seluruh tagihan pinjaman online terlebih dahulu. Pastikan tidak ada tagihan yang tersisa karena tagihan tersebut merupakan kewajiban kalian sebagai peminjam.

Dengan melunasi tagihan, maka proses penghapusan data akan lebih mudah karena menandakan bahwa kalian orang yang disiplin dan bertanggungjawab dalam melunasi utang.

Demikian beberapa informasi mengenai cara menghapus data pribadi di pinjol secara permanen terbaru 2024 yang bisa kalian coba dan praktekkan. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: