7 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

7 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

7 manfaat air mawar untuk wajah-ig-

DISWAY JATENG - Manfaat Air Mawar bagus untuk merawat wajah lho. 7 Manfaat Air Mawar ini belum banyak orang yang tahu! Jadi simak manfaatnya agar kulit anda terawat ya.

BACA JUGA:Manfaat Air Mawar agar Wajah Terlihat Awet Muda dan Putih Bersinar

Air mawar atau rose water berasal dari hasil rebusan kelopak bunga mawar. Air dengan aroma wangi khas yang menyegarkan ini sering dipakai sebagai bahan alami untuk berbagai keperluan fashion kecantikan, yaitu perawatan kulit dan parfum. 

Manfaat air mawar awalnya dimanfaatkan oleh masyarakat abad pertengahan. Masyarakat yang berasal dari kawasan Timur Tengah, terlebih Iran yang sering memakai air mawar untuk banyak hal. Misalnya mulai dari kuliner, kecantikan, hingga pengobatan. Jenis bunga mawar yang dipakai tersebut yaitu Damask atau Rosa damascena. 

BACA JUGA:10 Manfaat Air Mawar yang Tersembunyi untuk Kesehatan Tubuh

Lantas, apa saja manfaat dari air mawar untuk menunjanga kesehatan dan kecantikan kulit wajah? mari simak urain berikut yang kami kutip dari berbagai sumber teerutama Halodoc.

7 Manfaat Air Mawar Untuk Wajah

1. Membantu Membersihkan Sisa Riasan

Air mawar ternyata bermanfaat untuk membantu membersihkan sisa make-up lho. Jangan salah, kandungan air mawar pada produk micelarr water yang mempunyai efek pembersih yang tak kalah kualitasnya dengan produk yang berasal dari brand terkemuka.

Bahkan, air mawar bisa dibilang cukup efektif untuk membantu membersihkan sisa riasan waterproof pada area mata dan bibir tanpa mengakibatkan terjadinya iritasi. 

2. Membantu Membersihkan Kulit Wajah

Banyak orang yang ketika tidak pakai make up, tidak melakukan double cleansing. Terkadang hanya menggunakan sabun cuci wajah, padahal melakukan double clensing itu mudah cukup dengan menggunakan air mawar dapat digunakan untuk membersihkan wajah.

 BACA JUGA:Double Cleansing dengan Air Mawar dan Milk Cleanser, Simak 5 Caranya

Air mawar yg sudah melalui proses pengolahan menjadi minyak esensial, memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengusir efek radikal bebas yang membahayakan untuk kulit. 

Produk air mawar dikatakan juga dapat cegah penyumbatan pada pori sekaligus membantu membuat kulit bersih dari kotoran, sehingga kulit wajah terlihat selalu segar, sehat, dan cerah.

3. Membuat Kulit Lebih Terhidrasi

Manfaat Air mawar selain dapat menjadikan kulit lebih bersih, segar, sehat, dan tampak cerah.

Selain itu juga dapat menjaga pH kulit tetap seimbang jika air mawar tersebut sudah diolah menjadi minyak esensial. Hal Ini karena minyak tersebut berperan aktif dalam menghidrasi kulit secara alami. 

4. Membantu Mengurangi Peradangan

Siapa sangka, ternyata minyak air mawar memiliki sifat antiinflamasi yang efektif untuk atasi kulit yang iritasi dan peradangan. Ini artinya, manfaat air mawar juga membantu meringankan peradangan pada kuli.

Minyak esensial ekstrak mawar yang diteteskan ke area yang mengalami peradangan dapat meredakan iritasi. 

5. Mengatasi Jerawat

Punya kulit yang sensitif dan sangat rentan berjerawat? Jangan khawatir karena air mawar bisa membantu mengatasi jerawat. 

Bahkan, air mawar mampu membantu menyamarkan noda pada wajah. Kandungan antibakterinya pun efektif membunuh kuman yang memicu munculnya jerawat pada wajah.

6. Membantu Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Siapa sangka kandungan air mawar mampu cegah penuaan dini. Hal ini karena jika air mawar yang telah melalui proses pengolahan menjadi minyak atsiri  memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. 

Kedua sifat tersebut  efektif atasi kulit kering, kusam, dan cegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. 

Dengan rutin pakai minyak esensial mawar pada wajah mampu membuat wajah terlihat lebih awet muda. Selain itu, memijat wajah dengan minyak ini juga efektif untuk cegah munculnya garis halus dan keriput pada wajah. 

7. Menjaga Kelembapan Kulit pada Area Bawah Mata

Tak sedikit orang alami kulit kering pada area bawah mata, apakah anda juga salah satunya? Jika iya, anda dapat  memanfaatkan air mawar untuk mengembalikan sekaligus menjaga kelembapan area tersebut, lo!

Nah itu dia 7 manfaat air mawar untuk menunjang kesehatan dan kecantikan kulit wajah yang bisa kamu dapatkan.

BACA JUGA:10 Manfaat Air Mawar yang Tersembunyi untuk Kesehatan Tubuh

Jika masalah kulit wajah yang anda alami tak kunjung membaik, kamu bisa langsung bertanya pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: