Cegah Kecelakaan, DPUPR Kabupaten Tegal Menguji 50 Tenaga Konstruksi

Cegah Kecelakaan, DPUPR Kabupaten Tegal Menguji 50 Tenaga Konstruksi

MEMBUKA - Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo, saat membuka acara Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal menguji 50 orang tenaga konstruksi, di salah satu hotel di Slawi.

Mereka diuji untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dalam kontruksi.

"Jadi ini untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 Konstruksi. Supaya mereka memiliki sertifikat dan untuk mencegah terjadinya kecelakaan konstruksi," kata Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwijanto Rahardjo, saat membuka acara tersebut.

Dia menjelaskan, kegiatan ini yakni Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Kontruksi. Karena itu, para peserta yang merupakan tenaga K3 konstruksi, wajib mengikuti ujian tersebut.

BACA JUGA:Disnaker Kabupaten Pemalang Janjikan Hak Karyawan Perusahaan Garmen akan Diproses

Nantinya, setelah lulus, mereka akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Untuk pengujinya, DPUPR menggandeng LSP Pusat Pembinaan Pelatihan dan Sertifikasi Mandiri (P3SM). Selain itu, juga melibatkan sejumlah asesor yang sudah bersertifikat.

"Sertifikat ini nantinya sebagai syarat untuk mengikuti tender. Baik lelang maupun pengadaan barang jasa dan kontruksi di seluruh Indonesia," kata Teguh.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Kodim Pemalang Adakan Operasi Pasar Murah

Dia mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk memastikan individu yang bekerja di industri konstruksi memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan aman.

Diharapkan, para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dan sugguh-sungguh. Sehingga bisa lulus serta mendapatkan sertifikat kompetensi kerja yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang konstruksi dan meningkatkan peluang karir dalam industri konstruksi.

"Anggaran kegiatan ini bersumber dari APBD II Kabupaten Tegal tahun 2024. Semoga bisa bermanfaat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: