5 Cara Melunasi Utang Pinjol, Anti Galbay! Wajib Coba!

5 Cara Melunasi Utang Pinjol, Anti Galbay! Wajib Coba!

PINJOL - 5 Cara Melunasi Pinjol, Anti Galbay! Wajib Coba!--

DISWAY JATENG - 5 Cara Melunasi Utang Pinjol, Anti Galbay! Wajib Coba! Pinjol masih menjadi pilihan banyak orang, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Syarat, pencairan dan pembayaran membuat pinjol diminati.

Namun dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, pinjol terkadang menjerat nasabah dengan bunga dan biayanya. Dengan tahu cara melunasi utang pinjol menjadi solusi yang dapat dilakukan untuk menyelesaikannya.

Cara melunasi utang pinjol tentunya mudah jika sudah melakukan cara ini secara bertahap dan konsisten. Dengan melakukan secara berkala dapat membuat utang yang dimiliki lunas seluruhnya.

Bukan hanya yang memiliki banyak utang pada pinjol, cara melunasi utang pinjol ini juga dapat dilakukan yang memiliki sedikit utang. Bukan hanya melunasi utang, cara ini dapat membuat tabungan bertambah.

BACA JUGA : Cara Menghapus Data KTP di Pinjol Terbaru 2024 Agar Identitas Pribadi Tidak Disalahgunakan

Berikut cara melunasi utang pinjaman online anti galbay yang wajib Anda terapkan:

1. Evaluasi utang

Cara melunasi utang pinjol pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengevaluasi utang yang dimiliki. Catat segala informasi mengenai utang yang belum lunas yang Anda miliki dengan cermat.

Kemudian catatlah mulai dari jumlah pinjaman yang diajukan, bunga yang dibebankan, biaya keterlambatan dan tanggal jatuh tempo. Pahami segala total utang dan perhatikan biaya tersembunyi yang dimiliki.

Setelah memiliki semua utang yang Anda miliki akan menghindari kesalahan penghitungan dan kebingungan dalam pelunasan. Sebisa mungkin lunasi pinjaman sebelum berakibat adanya skor kredit.

2. Prioritaskan utang

Setelah melakukan evaluasi terhadap utang yang dimiliki, dapat memprioritaskan utang yang dimiliki. Utamakan pinjaman dengan bunga atau biaya keterlambatan yang tinggi untuk dilunasi terlebih dahulu.

Ini dimaksudkan agar bunga dan biaya keterlambatan akan menyebabkan kesulitan dalam melakukan pembayaran. Bukan hanya itu utang yang semakin menumpuk dapat menjadi beban finansial dikemudian hari.

3. Buat anggaran

Cara melunasi utang pinjol selanjutnya dengan membuat anggaran terhadap jumlah utang yang harus dibayarkan. Dan berapa pula jumlah uang yang harus disiapkan untuk melunasi utang yang dimiliki.

Perkirakan jumlah pendapatan terhadap jumlah utang yang harus dilunasi. Bahkan bisa membuat anggaran tersendiri yang digunakan untuk melunasi utang yang dimiliki.

Atau dengan alokasikan sejumlah pendapatan untuk melunasi utang dan dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Dengan membuat anggaran akan jelas berapa utang yang dapat dilunasi.

BACA JUGA : Cara Menghapus Data Pribadi Pinjol yang Belum Lunas, Begini 4 Langkah Cerdasnya

4. Hemat pengeluaran

Setelah melakukan pembuatan anggaran untuk membayar utang, selanjutnya dapat menghemat pengeluaran. Jika perlu buat laporan keuangan bulanan untuk mengetahui pengeluaran dalam sebulan.

Dengan melakukan pencatatan melakukan hemat dapat lebih mudah, karena dapat memperkirakan keuangan. Terutama berapa yang akan digunakan untuk melunasi utang mana untuk kebutuhan.

Dapat pula mengevaluasi pengeluaran yang dialami, agar utang yang dimiliki cepat lunas. Minimalisir pengeluaran untuk memenuhi keinginan karena ada utang yang wajib dilunasi sebelum membengkak.

5. Cari penghasilan tambahan

Cara terakhir ini jika menghemat masih belum bisa melunasi utang yang dimiliki. Sekarang sudah banyak penghasilan tambahan yang dapat dicari dan dilakukan baik offline maupun online.

Dengan memanfaatkan sosial media untuk mencari pekerjaan tambahan maupun dengan berjualan di dekat rumah. Akan membuat pendapatan bertambah dan utang yang dimiliki akan terlunasi.

Berikut merupakan cara melunasi utang pinjol pasti anti galbay yang wajib Anda coba, karena jika sudah galbay dan masuk SLIK OJK akan repot. Ketika Anda sudah memiliki skor kredit untuk mengajukan pinjaman lagi akan sulit.

BACA JUGA : 8 Cara Hapus Data Pinjol Ilegal Supaya Lepas dari Kejaran DC Lapangan

Jika nama Anda sudah masuk dalam SLIK OJK da sudah mendapat skor kredit akan sulit. Baik dalam melakukan pinjaman lagi maupun untuk menghilangkan nama pada skor kredit saat sudah dilunasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: