Cara Pembuatan Air Mawar! Simak Manfaatnya saat Digunakan Sebelum Tidur!

Cara Pembuatan Air Mawar! Simak Manfaatnya saat Digunakan Sebelum Tidur!

AIR MAWAR - Cara Pembuatan Air Mawar! Simak Manfaatnya!--

DISWAY JATENG - Cara pembuatan Air Mawar! Simak Manfaatnya saat Digunakan Sebelum Tidur! Air mawar sudah banyak digunakan untuk kecantikan. Karena banyak kandungan yang membuat wajah lebih sehat.

Penggunaan air mawar pun banyak dipilih karena mudah dan tentunya aman, ada yang menggunakan produk kecantikan dan membuatnya sendiri. Cara pembuatan air mawar tentunya mudah dan aman.

Cara pembuatan air mawar ini tentunya dapat dilakukan sendiri asalkan terdapat bahan yang diperlukan. Dengan membuat air mawar sendiri lebih aman karena menggunakan bahan yang bagus.

Bukan hanya itu cara pembuatan air mawar ini mudah, dengan membuatnya sendiri berarti tidak adanya campuran lain. Yang akan membuat manfaat air mawar lebih terasa karena tidak ada campuran.

BACA JUGA : 5 Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Bisa Menenangkan Kulit hingga Mengatasi Peradangan

Berikut cara membuat air mawar tentunya mudah, silahkan dicoba:

Bahan dan alat:

3 kelopak bunga mawar

Air sulingan

Botol sebagai wadah dari air mawar

Gelas ukur

Panci

Saringan

Cara pembuatan:

Rendam kelopak bunga mawar dengan 11/gelas air sulingan

Rebus mawar dan air sulingan dengan panci tertutup dan gunakan api kecil

Rebus 15 hingga 30 menit sampai mendidih atau kelopak mawar menjadi tercacah

Matikan kompor dan diamkan air mawar hingga dingin

Saring dan masuukan pada botol yang telah disiapkan

Air mawar siap digunakan, tetapi air mawar hanya dapat digunakan selama 1 bulan

Dengan cara pembuatan air mawar ini kamu bisa membuat sendiri air mawar agar lebih terjamin. Tentunya manfaat yang didapatkan lebih terasa dari pada pada kosmetik yang mengandung air mawar.

Namun walaupun cara pembuatan air mawar ini mudah, air mawar buatan sendiri ini tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama. Jika aroma dan warna sudah tidak normal buang dan dapat membuatnya lagi.

BACA JUGA : 4 Cara Menggunakan Air Mawar dengan Tepat agar Wajah Cerah Alami

Setelah mengetahui cara pembuatannya, saatnya mengetahui manfaat air mawar. Agar air mawar yang dibuat dapat digunakan semua tanpa dibuang dan mendapatkan segala manfaatnya.

Manfaat penggunaan air mawar dapat digunakan sebelum tidur, wajib dicoba:

1. Mencegah penuan dini

Manfaat pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Penuaan dini ditandai dengan adanya garis halus, pori-pori besar, kerutan pada sudut mata dan banyak lagi yang tentu dapat menganggu penampilan.

Air mawar mengandung vitamin C yang mengandung antioksidan. Antioksidan ini dapat memperlambat bahkan mencegah proses oksidasi (penggabungan zat dengan oksigen) akibat paparan dari radikal bebas.

Juga terdapat kandungan tanin pada air mawar yang membuat kulit menjadi kencang dan membuat awet muda. Bukan hanya itu, air mawar juga dapat mengobati kulit yang mengalami iritasi.

2. Sebagai toner

Manfaat berikutnya air mawar dapat digunakan sebagai toner apabila jika digunakan terasa menyegarkan. Dapat pula mengangkat sisa kotoran pada wajah dan dapat mengangkat sel kulit mati.

Bukan hanya itu, toner dari air mawar juga dapat mengangkat komedo pada wajah. Penggunaannya hanya dengan menuangkan air mawar pada kapas dan tepuk pelan pada wajah gunakan secara rutin.

3. Mencerahkan kulit

Air mawar mengandung vitamin A dan C yang dapat membantu eksfoliasi pada wajah dan memiliki sifat antioksidan. Yang mampu menguatkan sel kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit.

4. Mencegah timbulnya jerawat

Dengan kandungan vitamin C dan fenolat yang bersifat antiinflamasi pada jerawat. Bahkan air mawar dapat mencerahkan kulit yang memiliki bekas jerawat jika digunakan secara rutin.

Adanya antibakteri pada air mawar dapat membunuh kuman yang menyebabkan timbulnya jerawat. Bakteri propionibackterium yang menyebabkan jerawat pun hilang jika menggunakan air mawar.

BACA JUGA : 5 Macam Manfaat Air Mawar untuk Wajah, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Demikian cara pembuatan air mawar dan beberapa manfaatnya jika digunakan sebelum tidur jika penggunaannya tepat. Tentunya jika sudah mengalami beberapa efek samping penggunaannya dapat dihentikan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: