Gak Boleh Ngasal, Begini 7 Cara Hapus Data Pribadi Pinjol yang Efektif dan Ampuh

Gak Boleh Ngasal, Begini 7 Cara Hapus Data Pribadi Pinjol yang Efektif dan Ampuh

Cara hapus data pribadi pinjol terbaru 2024--

3. Hapus aplikasi

Cara hapus data pribadi pinjol berikutnya yaitu dengan menghapus aplikasi pinjaman online di ponselmu. Hal ini, bertujuan supaya pihak penyedia pinjaman tidak bisa mengakses data penting di HP nasabah.

Sebelum hapus aplikasi, sebaiknya Anda sudah melakukan penghapusan data dan cache. Cara ini bisa dilakukan hanya melalui ponsel di menu pengaturan dan pilih aplikasi pinjol.

4. Ganti nomor

Jika cara di atas belum mempan, Anda bisa ganti nomor. Hal ini bertujuan supaya pihak pinjaman online menghubungi nasabah lagi.

BACA JUGA:Rentang Waktu DC Lapangan Pinjol Berhenti Menagih Utang ke Nasabah

5. Nonaktifkan akun sosial media

Gak cuma hapus nomor saja, Anda juga perlu hapus akun sosial media. Hal ini supaya pihak pinjaman online tidak bisa melacak Anda.

Penyedia pinjol yang sering melacak nasabah biasanya platfrom ilegal. Jadi, jika Anda menggunakan platfrom legal gak perlu panik dan tidak usah hapus akun sosial media.

6. Reset HP ke setelan pabrik

Langkah terakhir yaitu mereset ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman ke setelan pabrik. Dengan ini, kamu dapat menghapus data dan aplikasi yang ada di ponsel, termasuk data yang ada di aplikasi pinjol.

7. Hubungi Otoritas Jasa Keuangan

Apabila pihak penyedia pinjol tidak memberikan solusi untuk menghapus semua data pribadimu, Anda bisa hubungi OJK. Langkah terakhir ini terbukti efektif, berikut cara-caranya:

BACA JUGA:Trik Melunasi Utang Pinjol Efektif dan Aman, Bahkan Bisa Tanpa Bayar

  • Situs resmi OJK ojk.go.id.
  • Hubungi alamat email OJK [email protected].
  • WhatsApp OJK 081-157-157.
  • Kontak resmi OJK 157.

Demikian informasi seputar cara hapus data pribadi pinjol supaya tidak lagi disalahgunakan oleh oknum nakal. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: