Jangan Panik, Inilah Cara Efektif Melunasi Hutang dengan Cepat dan Halal yang Terlanjur Menumpuk

Jangan Panik, Inilah Cara Efektif Melunasi Hutang dengan Cepat dan Halal yang Terlanjur Menumpuk

cara melunasi hutang dengan cepat dan halal--foto youtobe

Meski kedengarannya sulit dan rumit, manajemen utang bisa membuat kalian melunasi utang tanpa harus punya uang. Caranya tidak sulit, yang harus kalian lakukan adalah dengan mendatangi bank tempat kalian memiliki utang dan berkonsultasi dengan mereka.

Berikut ini adalah alternatif cara manajemen utang yang bisa dilakukan:

BACA JUGA:Ingin Lepas dari Jeratan Pinjol? Inilah 8 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol dengan Lebih Cepat

  • Konsultasi dengan Profesional

Selain melakukan tips di atas, tidak ada salahnya jika kalian mencari orang yang mengerti dan berpengalaman dalam soal keuangan sebagai cara efektif melunasi hutang dengan cepat dan halal.

Orang-orang profesional di bidang ini biasanya memahami strategi dalam melunasi utang lebih cepat. Cobalah minta saran apa yang sebaiknya dilakukan, dan langkah-langkah apa yang harus diambil berdasarkan kondisi kalian saat ini.

Konsultan keuangan yang bekerja di bawah perusahaan manajemen keuangan biasanya juga bisa bernegosiasi dengan bank untuk membantu kalian.

Aternatif lainnya, kalian juga bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan orang tua, saudara, teman atau orang yang kalian percaya. Meski mereka bukan orang yang ahli di bidang keuangan, setidaknya kalian tidak menanggung sendiri beban pikiran tersebut.

4. Jual yang Tak Perlu

Coba ingat-ingat lagi, mungkin kalian masih punya sisa uang yang tersembunyi. Maksudnya, bukan uang tunai yang terselip di saku celana atau di balik karpet ya.

Melainkan barang di sekitar kalian yang bisa diubah jadi uang tunai. Misalnya, kalian sudah beli tiket pesawat atau tiket kereta api untuk rencana liburan 3 bulan ke depan. Kalian bisa kok membatalkan tiket tersebut dan menguangkannya.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk, Perlu Kamu Tahu 8 Langkah Cerdas Ini

5. Mengikuti Tokopedia Affiliate Marketing

Program ini merupakan sebuah skema pemasaran yang bertujuan untuk memberikan sejumlah komisi untuk seseorang karena sudah membantu memasarkan dan menjual produk.

Kalian hanya perlu membagikan kode referral dan link yang telah disediakan perusahaan atau pemilik produk ke laman media sosial. Uniknya, program ini dilakukan tanpa biaya, kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena tidak melakukan pembelian dan menyetok produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon pembeli.

Demikian beberapa informasi mengenai cara efektif melunasi hutang dengan cepat dan halal yang sudah terlanjur menumpuk yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: