Pj Bupati Tegal Buka Pesta Siaga Cabang di WKJ Balapulang

Pj Bupati Tegal Buka  Pesta Siaga Cabang di WKJ Balapulang

BUKA - Pj Bupati Tegal didampingi Pengurus Kwarcab Tegal membuka Pesta Siaga di WKJ Kalibakung.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI -  Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam membangun kepribadian generasi tunas bangsa. Yang akan menuntun adik-adik, khususnya para siaga menggali potensi diri, mengembangkan bakat dan minat serta mengendalikan diri meraih kecakapan hidup. Serta membentuk akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan. 

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Tegal Agustyarsah saat membuka Pesta Siaga  Kwartir Cabang Tegal tahun 2024 di  Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Genjot Penurunan AKI, AKB dan Stunting di Kabupaten Tegal

"Yanda menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Siaga ini sebagai wahana bermain sambil belajar. Serap nilai-nilai moral kebaikan, manfaatkan sebagai bekal pengetahuan yang akan membantu proses pembentukan mental karakter adik-adik semua," ujarnya.

Pesta Siaga Kwarcab Tegal kali ini diikuti 304 peserta putra dan putri dari 18 Kecamatan dan satu peserta kehormatan dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Manunggal Slawi.  Melalui gerakan pramuka ini, dia berharap bisa ikut mengobarkan semangat gotong royong, melakukan perubahan mulai dari lingkungan terdekat. 

“Ajak teman-teman kalian bergabung di gerakan kepanduan ini. Buktikan bahwa perubahan itu nyata dan bisa dilakukan oleh siapa saja," cetusnya. 

BACA JUGA:FKIP UPS Kenalkan Bahasa Tegal ke Mahasiswa Asing

Agus juga  berpesan, nikmati dan rasakan pengalaman seru Pesta Siaga. Petik pembelajaran yang menarik dan tukarkan ke teman-teman. Berikan yang terbaik agar kontingen kalian mampu meraih prestasi di tingkat cabang ini dan bisa berlanjut di tingkat daerah pada 29 Mei 2024 mendatang.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Tegal dr Widodo Joko Mulyono  didampingi Waka Bina Muda dan penanggung jawab kegiatan Pesta Siaga Muchtar Mawardi SKM Mkes  bersama Ketua Panitia Suratman SPd menyatakan, kegiatan ini bertujuan membentuk  setiap pramuka siaga memiliki karakter mulia, kecakapan hidup, cinta NKRI. Warga negara yang berjiwa pancasila, setia dan siap sedia membela negara.

BACA JUGA:Edukasi KB di Kabupaten Tegal Minta Ditingkatkan, Masih di Bawah Target

Pemenang pesta siaga Kwartir Cabang Tegal untuk barung putra juara I  dengan nilai 766 diraih Kwartir Suradadi, juara II  dengan nilai 757 Kwartir Bumijawa dan juara III dengan nilai 746 Kwartir Slawi. 

Untuk Barung Putri juara I dengan nilai 756 Kwartir Suradadi, juara II dengan nilai 748 Kwartir Bojong dan juara III Kwartir Margasari dengan nilai 743. 

“Untuk juara I dan II berhak mengikuti  Persari Kwarda Jawa Tengah di Banyumas bulan Juni 2024," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: