FKIP UPS Kenalkan Bahasa Tegal ke Mahasiswa Asing

FKIP UPS Kenalkan Bahasa Tegal ke Mahasiswa Asing

PAPARAN — Dekan FKIP UPS menyampaikan paparan dalam workshop ISM 2024 yang diikuti mahasiswa luar dan dalam negeri.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pancasakti Tegal (UPS). Memperkenalkan dan memberikan pembelajaran Bahasa Tegal kepada peserta International Student Mobility (ISM) 2024. Yang diantaranya adalah 13 mahasiswa luar negeri atau mahasiswa asing dari Uzbekistan, India, Gaha, Tanzania, Mesir, dan Kazakstan.

Pengenalan dan pembelajaran Bahasa Tegal disampaikan Pengajar Bahasa Tegal UPS Prof Dr Purwo Susongko MPd. Purwo menjelaskan mulai dari pengucapan kosa kata Bahasa Tegal sehari hari dengan logat Tegalan, juga aksara Jawa. “Dalam pembelajaranya ditekankan Bahasa Tegal lebih banyak kosa kata dari Bahasa Jawa kuno dibanding Bahasa Jawa standar,” kata Purwo.

BACA JUGA:Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Tegal Adakan Operasi Pasar di 4 Lokasi

Dekan FKIP UPS Dr Yoga Prihatin MPd yang juga ikut memberikan materi menegaskan FKIP mendorong dan mendukung program KUI UPS dengan menyambut hangat dan antusias semua peserta workshop dari berbagai negara, dengan harapan kegiatan ini mampu mendongkrak nama UPS dan FKIP di kancah nasional dan internasional.

Selain memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Tegal, FKIP melalui Program Studinya memberikan pembelajaran meliputi Komunikasi Antar Budaya, Ethnomathematics Exploration of The Tegal Poci Monument to Improve International Students Mathematical Literacy, Multicultural Education in Indonesia.

BACA JUGA:2 Petugas Pemilu 2024 di Kabupaten Pemalang yang Meninggal Dapat Santunan Kematian

Kemudian, Creative Economy Based on Tegal Local Wisdom For International Students, dan Developing Cross Cultural Literacy for International Students in Tegal. UPS menyelenggarakan International Student Mobility 2024 yang dibuka secara resmi oleh Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum. 

Rektor UPS Dr Taufiqulloh Mhum saat membuka menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta ISM 2024 dan berpesan menjunjung sportivitas. “Saya berharap nantinya akan bergantian mengadakan event internasional tersebut. Program ini diawali dan akan menjadi agenda UPS untuk menjadi kampus berkelas internasional,” ujar Taufiq. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: