5 Cara Hapus Data di Pinjol yang Belum Lunas, Dijamin Aman

5 Cara Hapus Data di Pinjol yang Belum Lunas, Dijamin Aman

cara hapus data di pinjol yang belum lunas--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Salah satu hal yang dikhawatirkan oleh pengguna pinjol adalah data pribadi mereka yang akan tersebar luas jika tidak melunasi pinjamannya. Namun, kalian perlu tahu cara hapus data di pinjol yang belum lunas.

Karena jika tidak, hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti diteror oleh debt collector, diblacklist oleh lembaga keuangan, hingga dirugikan secara finansial. Karena itu, kalian perlu tahu cara hapus data di pinjol bagi yang belum lunas.

Pinjaman online atau pinjol merupakan salah satu alternatif pinjaman yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama di era digital ini. Namun, kalian harus tahu cara hapus data di pinjol yang belum lunas, dan tidak sedikit orang yang terjebak dalam jeratan pinjol, terutama pinjol ilegal yang memberikan bunga dan denda yang tinggi.

Jika kalian sedang terjebak dalam situasi seperti ini, kalian tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghapus data di pinjol bagi yang belum lunas.

Cara Menghapus Data di Pinjol yang Belum Lunas

1. Lapor OJK

BACA JUGA:Bagaimana Cara Menghapus Data Pinjol, Apakah Bisa Dilakukan? Simak 5 Langkah Cerdas yang Wajib Dicoba

Jika kalian merasa bahwa data pribadi kalian telah disalahgunakan oleh pinjol, kalian dapat melaporkan hal tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK akan melakukan penyelidikan dan mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melaporkan pinjol ilegal ke OJK:

  • Kunjungi situs web OJK di https://www.ojk.go.id/
  • Klik menu "Pengaduan"
  • Pilih jenis pengaduan "Pinjaman Online"
  • Isi formulir pengaduan dengan lengkap dan benar
  • Unggah bukti-bukti pendukung, seperti bukti percakapan dengan pinjol, bukti transfer, atau bukti pembayaran
  • Klik tombol "Kirim"
  • OJK akan menindaklanjuti laporan kalian dan memberikan informasi perkembangannya kepada kalian.

2. Lunasi Pinjaman Terlebih Dahulu

Hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum menghapus data di pinjol adalah melunasi pinjaman terlebih dahulu, termasuk bunga dan denda. Hal ini dikarenakan pinjol memiliki hak untuk menyimpan data pribadi penggunanya selama pinjaman belum lunas.

BACA JUGA:6 Cara Menghapus Data Pinjol Ilegal Mudah dan Efektif, Gak Perlu Panik Diteror DC!

Kalian dapat melunasi pinjaman melalui berbagai cara, seperti transfer bank, virtual account, atau melalui agen pinjol. Setelah pinjaman lunas, kalian akan menerima bukti pelunasan dari pinjol.

3. Ganti Nomor Telepon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: