Manfaat Air Mawar, Bukan Sekadar Bunga Cantik yang Wangi

Manfaat Air Mawar, Bukan Sekadar Bunga Cantik yang Wangi

Air Mawar, Bukan Sekadar Bunga Cantik yang Wangi--

DISWAY JATENG - Air mawar adalah cairan yang dihasilkan dari proses penyeduhan atau penyulingan kelopak bunga mawar. Air mawar memiliki aroma yang harum dan warna yang merah muda. Siapa sangka manfaat air mawar bisa untuk kesehatan tubuh kita.

Air mawar sering digunakan sebagai bahan kosmetik untuk merawat kulit wajah. Namun, tahukah Anda bahwa manfaat air mawar juga bisa untuk kesehatan tubuh?

Biasanya air mawar digunakan untuk campuran masker atau untuk menyegarkan wajah. Namun, ternyata banyak manfaat air mawar lainnya yang bisa kita dapatkan. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat air mawar bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Meredakan sakit tenggorokan

Air mawar dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang, infeksi, atau alergi. Caranya, Anda bisa berkumur dengan air mawar yang dicampur dengan madu atau garam. Air mawar memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dan membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan.

2. Menenangkan iritasi kulit 

Air mawar dapat digunakan untuk merawat kulit yang mengalami iritasi, kemerahan, atau gatal. Hal ini karena air mawar mengandung senyawa antiradang yang dapat menenangkan kulit yang meradang. Anda bisa menyemprotkan air mawar ke area kulit yang bermasalah atau mengompresnya dengan kapas yang dibasahi air mawar.

BACA JUGA:Bagaimana Merawat Kesehatan Tubuh di Usia 40 Tahun ke Atas dengan Minyak Zaitun? Ikuti Triknya di Sini

3. Mengurangi jerawat

Manfaat air mawar juga dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel. Air mawar memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes. Selain itu, air mawar juga dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada jerawat berkat sifat antiradangnya. Anda bisa mengoleskan air mawar ke jerawat dengan kapas atau menyemprotkannya ke wajah secara rutin.

4. Memiliki efek antipenuaan 

Air mawar dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam. Hal ini karena air mawar mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, air mawar juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit lebih kencang dan elastis.

5. Mengurangi minyak berlebih di wajah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: