5 Makanan saat Diet untuk Penderita Anemia. Aman dan Efektif

5 Makanan saat Diet untuk Penderita Anemia. Aman dan Efektif

Makanan untuk diet saat mengalami anemia-Galeri Medika-

DISWAYJATENG - Anemia, yang sering disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh, dapat diatasi dengan mengikuti diet yang tepat. Oleh karena itu, dalam tulisan ini, kita akan membahas apa saja makanan yang dapat di konsumsi ketika diet untuk penderita anemia.

Pertama-tama, sayuran hijau menjadi salah satu pilihan utama dalam diet untuk penderita anemia. Sayuran seperti bayam, kubis, sawi, dan lobak Swiss mengandung zat besi yang sangat bermanfaat.

Salah satu pilihan utama dalam diet untuk penderita anemia adalah bahan alami yang mengandung vitamin C untuk penyerapan zat besi dalam tubuh.

Lalu apa saja makanan alami yang dapat di konsumsi saat diet untuk penderita anemia? Berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:Berikut ini 5 Makanan Enak Mengatasi Anemia, Salah Satunya adalah Tiram

1. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau, terutama yang berwarna gelap, adalah pilihan hebat untuk meningkatkan kadar zat besi.

Contohnya termasuk bayam, kubis, sawi, dan lobak Swiss. Namun, perlu diingat bahwa beberapa sayuran hijau juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi. 

Oleh karena itu, sebaiknya jangan hanya bergantung pada sayuran hijau, tapi juga tambahkan buah-buahan seperti jeruk, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya folat untuk mendukung keseimbangan nutrisi.

BACA JUGA:11 Makanan Penambah Darah yang Bisa Kamu Konsumsi saat Menderita Anemia

2. Daging dan Unggas

Daging merah, domba, unggas, dan ayam adalah sumber zat besi heme yang sangat baik. Konsumsi daging atau unggas bersama dengan sayuran berdaun hijau dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

3. Hati Sapi

Hati sapi atau ayam adalah makanan kaya zat besi dan folat yang dapat menjadi tambahan berharga dalam diet anemia. Jeroan lain seperti jantung, ginjal, dan lidah sapi juga mengandung zat besi yang penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: