Berikut ini 5 Makanan Enak Mengatasi Anemia, Salah Satunya adalah Tiram

Berikut ini 5 Makanan Enak Mengatasi Anemia, Salah Satunya adalah Tiram

5 makanan enak untuk atasi anemia-tuturpedia-

DISWAYJATENG - Tahukah kamu bahwa orang Indonesia, terutama wanita, rentan terhadap anemia? Hal ini disebabkan oleh menstruasi, kehamilan dan menyusui, sehingga wanita membutuhkan lebih banyak zat besi untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada beberapa makanan enak mengatasi anemia.

Selain itu, orang Indonesia cenderung mengonsumsi sedikit daging merah, sehingga asupan zat besinya pun lebih rendah. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan enak mengatasi anemia.

Penting untuk melakukan pencegahan seperti mengonsumsi makanan enak mengatasi anemia. Anemia tidak hanya menyebabkan lesu dan pucat, tetapi juga sakit kepala, konsentrasi yang buruk dan kulit pucat. 

Selain dengan obat, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengonsumsi makanan enak mengatasi anemia. Berikut ini beberapa makanan yang dikenal ampuh mengatasi anemia, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA:11 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Anemia, Cek Daftarnya!

Jenis makanan untuk mengatasi anemia

1. Bayam

Dari semua sayuran hijau dan kuning, bayam adalah sayuran yang paling efektif dengan kandungan vitamin tertinggi. Vitamin A, B19, C, E dan kalsium yang terkandung dalam bayam memberikan banyak manfaat bagi penderita anemia. 

Yang paling penting, serat, beta-karoten dan zat besi yang ditemukan dalam bayam mencegah kekurangan sel darah merah.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Anemia Saat Hamil, Kenali 4 Resikonya Agar Selamat dari Ancaman Komplikasi

Namun, penting untuk tidak memasaknya terlalu lama karena ada risiko kehilangan nutrisi. Penderita anemia berat dapat mengonsumsi bayam dua kali sehari.

2. Telur

Makanan enak mengatasi anemia selanjutnya adalah telur. Makanan ini  mudah didapat, sehingga konsumsi rutinnya sangat dianjurkan. Satu butir telur mengandung 1,02 miligram zat besi, yang efektif dalam mencegah anemia. Selain itu, telur dapat dengan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan.

Selain itu, lebih baik merebus telur daripada menggorengnya untuk menghindari peningkatan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: