5 Gejala Awal Gagal Ginjal, Salah Satunya Mudah Lelah

5 Gejala Awal Gagal Ginjal, Salah Satunya Mudah Lelah

Tanda awal penyakit gagal ginjal-Hermina Hospitals-

DISWAYJATENG - Dalam keseharian, kita sering kali tidak menyadari gejala awal gagal ginjal dan fungsinya dalam menjaga kesehatan tubuh. 

Gejala awal gagal ginjal bisa terjadi pada siapa saja. Terletak di kedua sisi tulang belakang, di atas pinggang, ginjal memiliki peran vital dalam menyaring darah, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan memproduksi hormon yang mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. 

Meskipun ukurannya kecil, peran ginjal sangat besar. Tetapi banyak orang yang tidak menyadari gejala awal gagal ginjal.

Namun, sangat disayangkan bahwa beberapa orang mungkin mengalami masalah serius yang dapat memengaruhi fungsi ginjal mereka, dan salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah gejala awal gagal ginjal.

BACA JUGA:Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Ginjal yang Bertambah Parah Secara Alami

Kenali Tanda-tanda Awal Gagal Ginjal

Gejala awal gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya secara optimal.

Dalam kondisi ini, ginjal kehilangan kemampuan untuk menyaring kotoran, mengontrol kadar air dalam tubuh, dan mengendalikan tekanan darah.

Penting untuk mengenali tanda-tanda awal gagal ginjal, karena jika tidak segera dideteksi dan ditangani, kondisi ini dapat memicu komplikasi yang serius.

Pada tahap awal, gejala gagal ginjal mungkin sulit untuk dideteksi, dan kondisi ini cenderung tidak menunjukkan gejala yang jelas.

BACA JUGA:Cegah Batu Ginjal Pada Lansia , Ini 4 Cara yang Bisa Anda Lakukan

Namun, beberapa tanda peringatan dapat diidentifikasi, dan pengenalan dini terhadap gejala ini dapat menjadi langkah awal dalam pencegahan komplikasi lebih lanjut.

1. Mudah Lelah

Menurunnya fungsi ginjal bisa menyebabkan penumpukan racun di dalam darah. Hal ini dapat membuat seseorang merasa mudah lelah, lemah, dan mengalami kesulitan berkonsentrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: