Cara Pemutihan BI Checking dan Simak Skor Kredit Pinjaman!

Cara Pemutihan BI Checking dan Simak Skor Kredit Pinjaman!

PINJOL - Cara Pemutihan BI Checking dan Skor Kreditnya!--

DISWAY JATENG - Cara Pemutihan BI Checking dan Simak Skor Kredit Pinjaman! Pinjaman dana menjadi solusi bagi sebagian orang. Bisa mengajukan pada perbankan, koperasi hingga pinjaman online dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Setiap pinjaman yang diajukan pasti ingin segera disetujui dan dana tunai yang dibutuhkan dapat cair dengan mudah. Namun, ketika memiliki masalah pembayaran sebelumnya maka harus melakukan cara pemutihan BI checking terlebih dahulu.

Cara pemutihan BI checking ini dilakukan agar pinjaman Anda selanjutnya mudah dan pastinya akan disetujui. Karena riwayat pinjaman buruk lembaga keuangan tempat Anda mengajukan pinjaman tidak akan melakukan pencairan dana.

Sebelum membahas tentang cara pemutihan BI checking, terlebih dahulu mengetahui faktornya. Ada beberapa faktor yang membuat nasabah di blacklist yang tentunya beberapa hal ini harus diwaspadai:

BACA JUGA : 5 Pinjol Tanpa BI Checking Terbaru 2024 yang Aman, Suku Bunga Rendah dengan Limit yang Bisa Diatur

1. Menunggak pembayaran selama berbulan-bulan

2. Terlambat melakukan pembayaran yang membuat bunga dan biaya keterlambatan menumpuk

3. Jumlah pinjaman yang diajukan terlalu banyak

4. Gagal bayar

5. Bank melakukan penyitaan terhadap jaminan yang digunakan

6. Tidak melakukan pembayaran atau kabur

Berikut beberapa penyebab blacklist yang dilakukan OJK, yang berakibat pada pinjaman yang sulit disetujui. Bukan hanya pada perbankan, bisa pada lembaga keuangan legal seperti pinjol yang legal.

Ada beberapa skor kredit yang terdapat di OJK, berikut lima skor kredinya:

Skor 1 : Kredit Lancar, selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran pinjaman

Skor 2 : Kredit dalam Perhatian Khusus, menunggak pembayaran 1 hingga 90 hari

Skor 3 : Kredit tidak lancar, tidak melakukan pembayaran selama 91- 120 hari

Skor 4 : Kredit diragukan, menunggak selama 121 – 180 hari

Skor 5 : Kredit Macet, nasabah sudah menunggak hingga 180 hari

BACA JUGA : 5 Pinjol Legal Tanpa BI Checking Resmi OJK Cuma 24 Jam Langsung Cair Terbaik 2024

Setelah mengetahui skor kredit saatnya mengatahui tentang cara pemutihan BI checking tentunya mudah dan pasti bebas blacklist:

1. Melunasi utang

Cara pemutihan BI checking yang pertama dan mudah Anda lakukan adalah dengan melakukan pelunasan utang yang dimiliki. Dengan melunasi pinjaman tentunya dapat memudahkan calon peminjam.

Blacklist ini akan bertahan selama 60 bulan atau 5 tahun, tentunya ini bukan waktu yang singkat. Apalagi jika ingin mengajukan pinjaman dana tunai lagi tentunya akan sulit disetujui.

Namun menggunakan pinjaman yang tidak resmi tidak menjadi solusi dalam keuangan Anda. Karena pinjaman illegal atau tidak resmi ini berbahaya, karena perhitungan bunga dan sistem penagihan tidak transparan.

2. Cek BI Checking

Setelah Anda melakukan pelunasaan utang yang dimiliki cara pemutihan BI checking berikutnya. Dengan melakukan pengecekan BI checking secara berkala pasca melakukan pelunasan.

Namun perlu diperhatikan dalam penghapusan blacklist ini tidak memakan waktu yang singkat. Membutuhkan waktu hingga 24 bulan, tentunya sangat lama sehingga akan sulit jika ingin mengajukan pinjaman lagi.

Dengan tidak melakukan pinjaman selama 24 bulan terlebih dahulu menjadi hal penting. Sebab jika blacklist belum dihapuskan walaupun sudah melakukan pelunasan tetap sulit dalam mengajukan pinjaman.

3. Datangi kantor OJK

Cara pemutihan BI checking yang terakhir dengan mendatangi kantor OJK. Ini dapat dilakukan ketika Anda sudah mengantongi surat atau bukti pelunasan pinjaman yang telah dilakukan.

Tetapi hal ini tidak akan berlangsung cepat pula, akan memakan waktu lama. Sehingga Anda tidak bisa melakukan peminjaman lagi dalam waktu dekat.

BACA JUGA : 10 Daftar Pinjol yang Ada DC Lapangan dan Masuk BI Checking Terbaru 2024

Dengan cara pemutihan BI checking ini dan beberapa penyebab yang membuat Anda menjadi sulit mengajukan pinjaman harus diperhatikan. Adanya blacklist OJK ini menyebabkan Anda akan kesulitan mengajukan pinjaman.

Sehingga diharapkan Anda melakukan pelunasan sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran yang dimiliki. Karena jika tidak dilakukan pelunasan pinjaman, akan sulit mengajukan pinjaman di kemudian hari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: