7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Salah Satunya Minum Air Putih yang Cukup

7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Salah Satunya Minum Air Putih yang Cukup

Cara menjaga kesehatan ginjal-Golansia.com-

DISWAYJATENG - Seperti yang udah kita tau, ginjal itu penting banget buat tubuh kita, makanya kita harus jaga kesehatannya sebaik mungkin. Nah, ada beberapa cara menjaga kesehatan ginjal loh, ini ampuh dan mudah banget dilakukan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan minum cukup air setiap hari. Setiap harinya, sebaiknya kita minum setidaknya 2 liter air putih.

Air putih tentunya bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, air putih juga berperan besar dalam kecantikan kulit kita loh. Hal ini sebagai salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

Nah, kenapa sih minum air putih itu bermanfaat buat ginjal? Dan ada apa aja sih cara menjaga kesehatan ginjal? Nah, simak terus ya buat jawabannya.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Obat Penambah Darah saat Mengalami Anemia. Tersedia di Apotek Terdekat

Tips Buat Jaga Kesehatan Ginjal

Ginjal itu salah satu organ penting yang kerjaannya menyaring darah dalam tubuh manusia. Makanya, kesehatan ginjal perlu kita jaga biar bisa berfungsi dengan baik.

Ginjal menjadi organ vital dalam tubuh manusia, dengan menjaga kesehatan ginjal, artinya kamu menjaga seluruh kesehatan yang ada di dalam organ tubuhmu.

Nah, terus gimana sih cara menjaga kesehatan ginjal? Ada beberapa trik simpel buat jaga kesehatan ginjal yang bisa kita lakuin, di antaranya:

BACA JUGA:11 Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Anemia, Cek Daftarnya!

1. Makanan Sehat dan Bergizi

Karena ginjal kerjanya menyaring darah, masalah kesehatan ginjal seringkali disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan darah, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Makanya, makanan sehat dan bergizi itu penting banget. Kita bisa konsumsi makanan yang kaya gizi dan seimbang.

Jangan lupa, banyak-banyak makan buah dan sayur ya, itu baik buat kesehatan ginjal. Nah, juga pilih makanan yang mengandung ion seimbang.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Seperti yang udah disebut sebelumnya, minum banyak air putih itu penting banget buat kesehatan ginjal. Selain untuk menyaring darah, ginjal juga berperan dalam proses produksi urine.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Anemia Saat Hamil, Kenali 4 Resikonya Agar Selamat dari Ancaman Komplikasi

Jadi, dengan minum banyak air putih, proses penyaringan dan produksi urine itu jadi lebih lancar. Pastikan minum minimal 2 liter air putih setiap hari ya.

3. Jaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah jaga tekanan darah stabil. Karena tekanan darah tinggi bisa bikin masalah buat kesehatan ginjal. Makanya, kita harus jaga tekanan darah tetap stabil.

Caranya gimana? Cukupin waktu tidur, kurangi konsumsi garam, atur stres, dan lain-lain. Kalau kita punya penyakit yang bisa naikin tekanan darah, pastikan buat rutin kontrol dan pengobatan biar nggak berdampak ke ginjal.

4. Stop Merokok dan Kurangi Alkohol

Merokok dan minum alkohol berlebihan itu bikin ginjal kita makin nggak sehat. Kebiasaan buruk ini bisa naikin tekanan darah dan ngganggu sirkulasi darah, yang mana bikin kerja ginjal jadi lebih berat.

5. Diet Sehat untuk Jaga Berat Badan

Nah, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal juga dengan menjaga berat badan kita. Diet sehat itu penting buat mencegah obesitas.

Karena obesitas bisa bikin ginjal kerja ekstra untuk menyaring racun dalam tubuh. Pastikan diet yang kita jalani nggak berlebihan dan tetap sehat ya!

6. Konsumsi Obat dan Suplemen Sesuai Anjuran Dokter

Perhatiin banget ya, konsumsi obat dan suplemen sesuai anjuran dokter. Karena salah konsumsi bisa berakibat overdosis, yang nggak baik buat ginjal kita.

7. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga juga penting buat kesehatan ginjal. Olahraga bisa bantu lancarin sirkulasi darah, jadi ginjal bisa menyaring darah dengan baik. Selain itu, olahraga juga bisa bantu jaga tekanan darah dan berat badan kita.

Jadi, itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal. Yuk, kita jaga kesehatan ginjal kita bersama-sama.

Jangan lupa untuk melakukan cek-up dengan dokter yang kamu percaya. Lakukan pengecekan kesehatan secara berkala juga akan membantu kestabilan tubuhmu lebih terjaga.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: