11 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol Agar Tidak Galbay Terbaru 2024

11 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol Agar Tidak Galbay Terbaru 2024

cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay--foto radar tegal

DISWAY JATENG - Di era digital saat ini, layanan pinjaman online atau pinjol telah menjadi solusi cepat dan mudah bagi banyak orang untuk memenuhi kebutuhan finansial mendesak.

Belakangan ini polemik terkait pinjol alias pinjaman online memang tengah ramai terjadi di masyarakat. Ada sebagian masyarakat menggunakan pinjaman online atau pinjol, tapi rupanya belum sanggup melunasi.

Hal ini disebabkan karena bunga yang diberikan oleh pinjol sangat besar. Apalagi ketika sudah mengalami keterlambatan pembayaran, bunga yang dihasilkan akan lebih besar dari pinjaman awal.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya melunasi utang pinjaman online atau pinjol? Dirangkum Hops.ID dari TikTok @konsulpinjol2023 pada Kamis, 17 Agustus 2023 berikut cara melunasi utang pinjaman online atau pinjol.

BACA JUGA: Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa Bayar Bunga, Lakukan Langkah Cerdas Berikut Ini

Cara melunasi utang pinjaman online agar tidak galbay

1. Fokus Tambah Penghasilan

Apabila ternyata kalian tidak ada aset yang tersisa, maka kini kalian harus fokus untuk mencari penghasilan tambahan. Kalian bisa melakukan penambahan pendapatan ini untuk melunasi utang pinjaman online. Jangan sampai ketika utang pinjaman online kalian membengkak, kalian masih saja bermalas-malasan.

2. Buat Prioritas

Jika kalian sudah mencatat semua utang pinjaman online, kemudian kalian bisa buat skala prioritas. Pilih pinjol mana dulu yang akan diselesaikan sesuai dengan prioritas yang ada. Kalian bisa memilih mana yang jatuh temponya lebih awal.

3. Tetap Disiplin

Disiplin adalah kunci utama dalam proses melunasi utang. Patuhi rencana pembayaran yang telah kalian buat, dan jangan lalai dalam membayar angsuran tepat waktu. Ini akan membantu kalian untuk menghindari denda dan biaya tambahan.

BACA JUGA: Terjerat Pinjol? Begini Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol yang Terlanjur Menumpuk Terbaru 2024

4. Jual Aset

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: