4 Tips Mengatasi Anemia Pada Saat Menstruasi, Khusus untuk Wanita

4 Tips Mengatasi Anemia Pada Saat Menstruasi, Khusus untuk Wanita

4 Tips Mengatasi Anemia Pada Saat Menstruasi, Khusus untuk Wanita--

DISWAY JATENGMenstruasi atau haid merupakan kondisi meluruhnya dinding rahim yang disebabkan karena sel telur yang menempel pada permukaan tidak dibuahi. Nah seringkali ketika Menstruasi para wanita mengalami anemia, berikut ini ada beberapa tips mengatasi anemia pada saat Menstruasi

Meskipun menstruasi merupakan siklus yang normal untuk kesehatan para kaum hawa karena mengeluarkan darah kotor dari tubuh. Sayangnya kondisi ini juga membuat wanita rentan mengalami anemia, karena itu kaum hawa wajib tau tips mengatasi anemia pada saat menstruasi. 

Ada beberapa gejala anemia pada saat wanita menstruasi contohnya mata berkunang-kunang, mudah lelah, pusing dan tidak memiliki tenaga. Untungnya ada beberapa tips mengatasi anemia pada saat menstruasi dengan menerapkan pola hidup yang sehat. 

Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai tips mengatasi anemia pada saat menstruasi supaya kadar hemoglobin pada tubuh tetap terjaga. 

BACA JUGA:Mengenal Lebih dalam Jenis-jenis Anemia dan Cara Mengatasinya

Tips mengatasi anemia pada saat menstruasi 

1.Perbanyak konsumsi air putih 

Dehidrasi menjadikan salah satu faktor yang memperparah kasus anemia pada saat menstruasi. Hal itu dikarenakan kekurangan cairan tubuh sel-sel dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. 

Saat anemia membuat suplai oksigen ke otak dan seluruh tubuh jadi terganggu, dehidrasi menjadikannya semakin menyiksa. Karena itu, pastikan bahwa kamu selalu memperbanyak konsumsi air putih ataupun cairan lain seperti jus buah segar tanpa tambahan gula. 

BACA JUGA:5 Tips Olahraga Pagi untuk Pengidap Anemia secara Efektif

2. Konsumsi makanan kaya akan zat besi 

Pada wanita yang sedang menstruasi akan kehilangan 80 ml darah atau bahkan lebih selama kurun waktu 5 hingga 10 hari. Jumlah tersebut cukup mempengaruhi kinerja tubuh dimana kadar hemoglobin akan menurun. 

Itulah alasan mengapa tubuh harus bisa membentuk sel darah merah secara cepat agar bisa mengimbangi darah yang dikeluarkan pada saat menstruasi. Kamu bisa mendapatkan zat besi nya dengan mengonsumsi makanan seperti hati ayam, daging sapi, daging ayam, kuning telur, ikan, brokoli, bayam dan beberapa makanan lainnya. 

3. Perbanyak konsumsi vitamin C 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: