Slawi akan Disulap Menjadi Kawasan Wisata

Slawi akan Disulap Menjadi Kawasan Wisata

HPN - Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, saat menghadiri acara HPN di kantor Sekretariat PWI Kabupaten Tegal.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Kecamatan Slawi merupakan jantungnya Kabupaten Tegal. Slawi menjadi pusat perkantoran, perekonomian dan pendidikan. Pemkab Tegal berencana, Slawi akan disulap menjadi kota wisata. 

"Kita sudah membuat desainnya untuk daerah wisata," kata Pj Bupati Tegal Agustyarsyah, saat menghadiri acara Hari Pers Nasional (HPN) di kantor Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Lomba Dansa di Kabupaten Pemalang untuk Kembangkan Kreativitas Masyarakat

Untuk menyukseskan program itu, Agustyarsyah akan mengawali dengan memperindah wajah Kota Slawi. Spot pertama yakni di kawasan Masjid Agung Kabupaten Tegal. Masjid yang berada di depan Tugu Poci itu akan dijadikan sebagai wisata religi.

Selain sebagai tempat ibadah, di depan masjid nanti bisa digunakan untuk tempat informasi keberadaan pondok pesantren (ponpes) di wilayah Kabupaten Tegal.

Saat ini, jumlah ponpes di Kabupaten Tegal sebanyak 95 pondok. Keberadaannya sudah terdaftar dan berizin. 

BACA JUGA:KSU Semesta Kabupaten Pemalang Kembangkan Usaha Ternak Kambing

"Jadi nanti kalau ada warga dari luar daerah yang ingin masuk Ponpes di Kabupaten Tegal, bisa mencari datanya di masjid itu," ujarnya.

Selanjutnya, kata Pj Bupati, di kawasan Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) dan Taman Bungah. Pihaknya mengamati, di dua tempat tersebut masih minim spot untuk pagelaran para seniman dan budayawan.

Mestinya, Trasa diperindah lagi untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut. Dirinya tak menampik, Kabupaten Tegal kaya akan budaya dan seni. Termasuk juga pecinta keris.

"Jangan sampai budaya di sini hilang begitu saja," tegasnya.

Agustyarsyah juga menyinggung soal Alun-Alun Hanggawana Slawi. Menurutnya, jika ingin menjadi kota wisata, alun-alun harus diperbaiki.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: