5 Tips Melunasi Pinjol! Solusi Anti Galbay!

5 Tips Melunasi Pinjol! Solusi Anti Galbay!

PINJOL - Tips Lunasi Utang Pinjol, Anti Galbay!--

DISWAY JATENG - Pinjol masih menjadi pilihan ketika membutuhkan dana tunai. Dengan persyaratan yang mudah dan pencairan dana tunai yang cepat membuatnya banyak diguankan. Sebelum berhutang, ada baiknya juga sudah tahu tips melunasi pinjol, solusi bagi galbay.

Namun karena cepatnya pencairan dana terkadang ada beberapa yang mengajukan pinjaman dengan jumlah besar namun macet bayar. Dengan tips melunasi pinjol ini tentunya berguna bagi yang memiliki masalah galbay.

Tips melunasi pinjol ini menjadi solusi bagi nasabah yang tidak ingin gagal bayar pada pinjamannya. Karena jika galbay tentunya akan diteror dan ditagih oleh DC (Debt Collector) selama 90 hari.

Berikut beberapa tips melunasi pinjol solusi pinjaman anti galbay. Simak sampai selesai ya.

BACA JUGA : Cara Melunasi Utang Pinjol Tanpa bayar, Lakukan 6 Langkah Cerdas Ini Dijamin Efektif

1. Buat Anggaran

Tips melunasi pinjol yang pertama dan paling mudah dilakukan adalah membuat anggaran untuk mengetahui pinjaman. Mulai dari bunga, jumlah pinjaman, nominal pinjaman bahkan denda pinjaman.

Dengan adanya anggaran yang berisi jumlah utang beserta lainnya tentu akan membuat Anda menyiapkan dana untuk pembayarannya. Namun jika memiliki pinjaman pada banyak platform dapat membuat rincian lagi.

Mulai dari limit pinjaman yang dilakukan, bunga pinjaman yang diterapkan pada aplikasi dan dendanya. Dan tentukan pinjaman mana yang harus dilunasi terlebih dahulu untuk meringankan beban finansial.

Biasanya dimulai dengan pinjaman dengan bunga yang tinggi, tentunya jika ini dilunasi dapat meringankan utang yang dimiliki. Atau bisa juga dengan melunasi pinjaman dengan jumlah rendah terlebih dahulu.

2. Berhemat

Setelah melakukan perhitungan hutang dan dilakukan perencanaan anggaran hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah membayar. Namun jika Anda masih kesulitan dalam melakukan pembayaran dapat berhemat.

Dengan berhemat tentunya pendapatan yang dimiliki tidak akan banyak berkurang yang membuat pinjaman dapat cepat lunas. Walaupun terkesan sulit, berhemat merupakan solusi yang paling efektif.

Yang paling penting adalah mengurangi jumlah pengeluaran untuk keinginan, lebih baik utamakan kebutuhan. Jika sudah melunasi semua pinjaman tentu dapat memenuhi keinginan yang sempat tertunda.

3. Perpanjang Tenor Pinjaman

Tips melunasi pinjol berikutnya dengan perpanjang tenor pinjaman. Jika dipinjaman online mungkin bisa dengan melakukan negosiasi pada DC (Debt Collector) saat datang untuk melakukan penagihan.

Atau bisa juga dengan berkonsultasi dengan pinjol legal terkait untuk diberikan keringanan dalam melakukan pembayaran. Tentunya pinjol maupun DC menyetujui terlebih jika Anda tidak sulit ditemui.

Namun ketika sudah melakukan perpanjangan terhadap tenor, jangan terus menghindar dari penagihan. Dengan menghindar tentunya akan menimbulkan masalah baru, usahakan melunasi saat memiliki dana.

Jika Anda sulit dihubungi saat hendak ditagih di tenor yang sesuai yang dijanjikan malah membuat ada teror yang mengancam. Baik dengan pesan singkat dan telepon maupun datang langsung ke rumah.

BACA JUGA : Cara Mengatur Keuangan, Dijamin Tabungan Bertambah!

4. Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Tips melunasi pinjol yang sangat penting adalah hindari gali lubang tutup lubang dalam melakukan pembayaran. Karena hal ini bukan meringankan utang malah membuat beban finansial meningkat.

Dengan adanya bunga, biaya administrasi dan sebagainya yang tentu akan membuat beban finansal baru. Bukannya berkurang, Anda justru akan terlilit oleh hutang karena hal ini terus dilakukan.

5. Konsolidasi Utang

Yang terakhir adalah dengan konsolidasi utang, ini merupakan cara menggabungan pinjaman menjadi satu. Sehingga Anda hanya perlu membayar pada satu pinjaman saja tentu sangat meringankan.

Banyak keuntungan yang dimiliki mulai dari bunga yang rendah serta cicilan yang lebih ringan sangat menguntungkan nasabah. Tentunya dengan cara ini dapat meringankan utang yang dimiliki nasabah.

BACA JUGA : Tips Mengatur Keuangan ala Mahasiswa

Tips melunasi pinjol berikut diharapkan dapat membantu Anda dalam melunasi pinjaman yang macet bayar. Jangan sampai galbay, karena jika galbay akan sulit jika ingin mengajukan pinjaman lagi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: