7 Cara Melunasi Utang dengan Cepat! Wajib Dicoba bagi yang Terlilit Utang!

7 Cara Melunasi Utang dengan Cepat! Wajib Dicoba bagi yang Terlilit Utang!

HUTANG - Cara Cepat Melunasi Hutang Menumpuk, Wajib Coba!--

DISWAY JATENG - 7 Cara Melunasi Utang dengan Cepat! Wajib Dicoba bagi yang Terlilit Utang! Melunasi utang merupakan bagian dari pinjaman. Bagian ini tentu saja tidak bisa terpisahkan dari yang namanya pinjaman.

Namun saat melakukan pinjaman terkadang sebagian orang merasa kesulitan saat hendak melakukan pembayaran. Dengan cara melunasi utang dengan cepat ini menjadi solusi bagi Anda.

Cara melunasi utang dengan cepat tentu saja dapat tercapai jika melakukan komitmen dan tidak goyah. Karena dengan utang yang cepat dilunasi tentu pengeluaran keuangan harus dibatasi.

Berikut cara melunasi utang dengan cepat cocok bagi yang sedang terlilit utang. Simak sampai selesai ya.

BACA JUGA : Cara Melunasi Utang Pinjol Sesuai Anjuran OJK, Dijamin Jitu Atasi Beban Cicilan Pinjaman

1. Buat Daftar Utang

Membuat daftar utang merupakan cara melunasi utang dengan cepat yang dapat Anda lakukan. Ketika terlilit utang jangan panik dan menghindar dari debt collector yang melakukan penagihan.

Tetap tenang kemudian buatlah daftar utang, terhadap semua utang yang Anda miliki dan belum dibayarkan. Dengan demikian akan terinci berapa jumlah utang, bunga, hingga denda keterlambatan.

Dengan membuat daftar utang ini diharapkan Anda dapat menentukan skala prioritas dari utang yang dimiliki. Utamakan pinjaman dengan bunga yang tinggi atau dengan pinjaman dengan jumlah kecil.

2. Buat Rancangan Anggaran

Setelah membuat daftar anggaran, Anda dapat membuat rencana anggaran. Dengan membuat ini tentunya pinjaman yang Anda miliki dapat menjadi jelas dan tentukan mana yang harus segera dilunasi.

Dengan mengutamakan melunasi pinjaman dengan bunga tinggi menjadi pilihan, karena bunga akan semakin bertambah dari hari ke hari. Jika ini didahulukan tentunya akan membuat bunga yang dibayarkan akan berkurang.

Atau dengan melakukan rancangan anggaran untuk melunasi pinjaman dengan nominal kecil terlebih dahulu. Karena pinjaman yang kecil akan mudah dilunasi karena jumlah dan bunganya yang tentu ringan.

3. Cari Pendapatan Tambahan

Cara melunasi utang dengan cepat berikutnya dengan mencari pendapatan tambahan. Ketika Anda memiliki banyak waktu luang serta memiliki utang yang menumpuk usahakan mencari pendapatan tambahan.

Dengan memiliki pendapatan tambahan, Anda dapat lebih cepat melunasi utang. Apalagi memiliki banyak utang yang sudah tertera pada rancangan anggaran sehingga semakin cepat akan semakin ringan beban finansial yang dimiliki.

BACA JUGA : 10 Aplikasi Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah 2024, Proses Gampang Banget

4. Menjual Barang

Selain mencari pendapatan tambahan untuk melunasi utang dan segala biayanya, Anda dapat menjual beberapa barang yang dimiliki. Ini lebih baik dari pada mengajukan pinjaman lagi untuk melunasi pinjaman sebelumnya.

Apalagi jika Anda memiliki beberapa barang yang sekiranya laku dijual dan yang sudah tidak terpakai. Dengan menjual beberapa barang tentunya akan menambah pendapatan yang mempercepat pelunasan pinjaman.

5. Tidak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan produk perbankan yang digunakan sebagian orang untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, kartu kredit ini juga seperti melakukan pinjaman yang harus melakukan pembayaran.

Ketika ingin melunasi utang namun Anda tetap menggunakan kartu kredit tentunya beban finansial yang dimiliki semakin berat. Hentikan penggunaan kartu kredit, namun ketika utang lunas kartu kredit dapat digunakan lagi.

6. Berhemat

Setelah itu Anda dapat melakukan hemat cara melunasi utang dengan cepat ini tidak mudah dilakukan. Karena sebagai manusia pasti memiliki banyak keinginan yang ingin dipenuhi.

Namun ketika Anda sedang berupaya melunasi utang diharuskan berhemat. Dengan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan agar utang segara lunas dan dapat memenuhi keinginan yang tertunda.

7. Negosiasi dengan Penyelenggara Pinjaman

Jika beberapa cara di atas masih belum dapat melunasi utang Anda cara terakhir ini dapat menjadi pilihan terakhir. Dengan negosiasi dengan penyelenggara pinjaman tentunya lebih baik daripada menghilang saat ditagih.

Ketika melakukan negosiasi penyelenggara pinjaman akan memberikan solusi pebayaran yang dapat Anda lakukan. Mulai dari pembayaran yang dilakukan bertahap, penundaan pembayaran, maupun restrukturisasi pinjaman.

BACA JUGA : 6 Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif Tanpa Gagal Bayar atau Mengajukan Pinjaman Lagi

Demikian penjelasan singkat tentang cara melunasi utang dengan cepat yang dapat dilakukan. Diharapkan Anda dapat mengelola keuangan dengan lenih baik sehingga terhindar dari terlilit utang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: