6 Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif Tanpa Gagal Bayar atau Mengajukan Pinjaman Lagi

6 Cara Melunasi Utang Pinjol Paling Efektif Tanpa Gagal Bayar atau Mengajukan Pinjaman Lagi

Cara melunasi utang pinjol--

DISWAY JATENG - Pinjaman online menjadi solusi alternatif yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Tetapi, sebagihan debitur tidak dapat melunasi utang pinjol.

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh bunga, denda, dan biaya lainnya yang terlalu tinggi. Karena itu, sebelum mengajukan pinjaman pastikan Anda tahu cara melunasi utang pinjol tanpa perlu galbay.

Cara melunasi utang pinjol tanpa gagal bayar bisa dijadikan solusi bebas jeratan pinjaman online. Langkah ini juga bisa menghindari risiko kerugian finansial yang diakibatkan penumpukan utang yang sulit dibayar.

Bagaimana cara melunasi utang pinjol tanpa gagal bayar (galbay)? Berikut langkah cerdas yang dapat Anda lakukan supaya tidak terjerat pinjaman online terlalu lama.

BACA JUGA:25 Pinjol Bunga Rendah Terbaik 2024 yang Populer Digunakan, Besaran Bunga Mulai dari 0 Persen

Cara melunasi utang pinjol tanpa gagal bayar atau mengambil pinjaman lagi

1. Catat Semua Utang Secara Detail

Cara melunasi utang pinjol yang pertama, yakni mencatat semua tagihan yang perlu dibayar. Catat besaran bunga, denda, dan biaya lainnya beserta jumlah nominal yang ingin dibayarkan.

Dengan persiapan matang ini, dapat memudahkan debitur agar tidak terjadi penumpukan utang kedepannya. Selain itu, nasabah tidak perlu lagi ribet menghitung jumlah utang yang ingin dibayarkan disetiap bulannya.

2. Buat Skala Prioritas

Apabila sudah selesai membuat catatan rincian pembayaran utang pinjol, kemudian buat skala prioritas pembayaran. Anda bisa tentukan pinjaman mana dulu yang ingin dilunasi sesuai prioritas yang sudah dibuat.

Debitur bisa melunasi tagihan utang yang memiliki jatuh temponya lebih awal. Langkah kedua ini dapat dilakukan di pinjol legal maupun ilegal.

BACA JUGA:5 Pinjaman Online Bunga Rendah Terbaru 2024, Cepat Cair dan Tenor Panjang

3. Jual Aset Jika Diperlukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: