Inilah Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Legal Resmi OJK 2024

Inilah Cara Menghadapi DC Lapangan Pinjol Legal Resmi OJK 2024

cara menghadapi dc lapangan pinjol--foto radar tegal

Jika debt collector tak membawa surat lengkap maka debitur berhak untuk menolaknya. OJK sendiri juga sudah memberikan himbauan bagi debt collector yang datang menagih harus membawa surat-surat penting. "Jika dokumen dan identitas tidak sesuai maka kalian berhak menolaknya dengan tegas agar tak dibuat semena-mena,"

Perlu diingat juga melakukan pinjaman dengan bijak dan tujuan yang jelas. Hal ini membuat risiko menunggak cicilan apalagi kredit macet tidak sampai dialami.

Sementara itu ini lima cara menghadapi penagihan debt collector, antara lain :

1. Minta Menunjukkan Kartu Sertifikasi Profesi

Tiap debt collector resmi akan mendapatkan sertifikasi APPI atau Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Tujuannya adalah penagih utang bisa menunjukkan bukti aktivitas profesinya.

2. Cari Tahu Surat Kuasa Penagihan Jika Ada Penyitaan Barang

Surat kuasa merupakan bukti barang sitaan imbas penunggakan pembayaran bisa diambil. Surat ini wajib diterbitkan oleh penyedia pinjol tempat mengajukan pinjaman.

3. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Baik

Jelaskan secara baik alasan utang terlambat atau menunggak dibayar. Tambahkan juga kalian akan menghubungi pihak pemberi pinjaman mengenai utang tersebut.

Perlu diingat jangan menjanjikan apapun pada debt collector hanya untuk memperpanjang masa penangguhan pinjaman. Karena bisa membuat proses penagihan menjadi makin rumit.

BACA JUGA:Daftar Layanan Pinjol Legal yang Tidak Ada DC Lapangan dengan Bunga Rendah dan Tenor Panjang Terbaru 2024

4. Tanyakan Identitas

Saat debt collector datang sambut dengan sopan sambil menanyakan identitas mereka. Perlu diketahui soal identitas debt collector yakni siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tangguh jawab.

5. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Perlu juga melihat adanya sertifikat jaminan fidusia selain surat kuasa saat penyitaan barang. Ini berbentuk dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak bisa menunjukkan sertifikat ini maka jangan ragu menolak aktivitas penyitaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: