Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Diajari Membatik

Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal Diajari Membatik

MEMBATIK - Siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal belajar membatik di sekolah dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Foto:K Anam S/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - SMP Muhammadiyah 3 Kota Tegal (SMP Muga) mengadakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema Mengenalkan Batik Sebagai Warisan Budaya kepada Peserta Didik di sekolah. Selain dikenalkan batik, siswa kelas tujuh dan delapan juga diajari membatik oleh pemateri Andri Tafsirun SPd dan didampingi guru.

Kepala SMP Muga Cuci Mugiana SPd mengatakan, pada hari sebelumnya siswa dipandu Guru Seni Budaya dan Kesenian SMP Muga Dwi Setiarini SPd membuat berbagai pola batik. Di antaranya pola Batik Megamendung, Batik Parang, dan berbagai motif lain hasil dari imajinasi siswa. Ada yang membuat pola batik motif balon udara.

BACA JUGA:Banjir di Demak Mulai Surut dengan Pengoperasian 17 Pompa Air

“Saat saya tanya apa alasannya, mereka menjawab karena memiliki cita-cita setinggi langit,” kata Cuci. Cuci mengatakan, di samping mengenal batik dan bisa belajar membuat batik, proses membatik juga dapat mengajarkan siswa tentang kesabaran, keuletan, dan keselarasan. “Karena untuk bisa mencapai cita-cita harus sabar dan ulet, serta selaras antara niat dan tindakan,” ucap Cuci.

Sebagai informasi, SMP Muga mengusung visi Religius, Berakhlakul Karimah, Kreatif, dan Nasionalis yang Islami. Untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila, SMP yang beralamat di Jalan Asem Tiga, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat mengadakan Program Gaya Hidup Berkelanjutan, yang mengajak siswa mencintai lingkungan dan mengedepankan gotong royong. 

BACA JUGA:Siswa SD Muhammadiyah 1 Kota Tegal Difasilitasi Medical Check Up

Program unggulan lain yang dijalankan SMP berslogan Sekolah Kreatif ini adalah pembiasaan Tadarus, Duha, dan Kultum yang semuanya dilaksanakan oleh siswa SMP Muga. Untuk mewadahi bakat siswa, SMP Muga menyelenggarakan ekstrakurikuler meliputi Tapak Suci, Hizbul Wathan, Hadrah, PMR, Tilawah, Panahan, Futsal, dan Basket. 

SMP Muga didukung fasilitas masjid, pembelajaran multimedia, ruang komputer berpendingin udara, laboratorium, perpustakaan, sarana olahraga, dan kantin. SMP Muga masih membuka PPDB Gelombang Pertama dan bagi pendaftar akan mendapatkan potongan biaya daftar ulang Rp500.000 serta gratis seragam tiga stel. “Gelombang Pertama sampai Maret 2024. Alhamdulillah sudah ada yang inden,” ucap Cuci. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: