Tips Memilih Pinjol yang Aman agar Cepat Disetujui

Tips Memilih Pinjol yang Aman agar Cepat Disetujui

apakah bisa mengajukan pinjol tanpa ktp--foto jalan tikus

3. Cek Track Record Perusahaan Pinjol

Banyak juga pinjol yang tidak terdaftar di OJK secara resmi. Ini melanggar hukum serta merugikan nasabah yang mengajukan pinjaman. Karena itu, penting untuk mengecek track record perusahaan. Bank bisa mengecek secara mandiri legalitas pinjol tersebut melalui laman resmi OJK. Bisa juga dengan menanyakan langsung melalui call center OJK di nomor 157.

4. Cek Bunga yang Ditetapkan

Dalam mengajukan pinjaman, mengecek bunga yang ditetapkan sangat penting. Bisa jadi pengajuan kreditnya sangat mudah, tetapi bunga yang ditawarkan cukup tinggi. Untuk itu, pilih pinjol yang menetapkan besaran bunga yang wajar, sesuai dengan proses pengajuan juga lama tenor yang diberikan.

Bagaimana Cara Agar Pinjol Cepat Disetujui?

Mengajukan pinjol dianggap lebih mudah dan praktis dibandingkan jenis pinjaman lainnya. Namun, banyaknya pilihan pinjol dan akses yang mudah tidak serta merta akan membuat pengajuan pinjaman bisa langsung disetujui. Penolakan bisa saja terjadi, bahkan disebabkan hal yang sepele. Supaya pengajuan pinjaman diterima, berikut ini beberapa langkah cerdas yang bisa di lakukan, antara lain :

1. Jangan Abaikan Credit Scoring 

Credit scoring merupakan salah satu pertimbangan lembaga pembiayaan untuk menyetujui pinjaman, termasuk pinjol. Ada beberapa variabel yang dijadikan pertimbangan, seperti kelengkapan data diri, jumlah penghasilan, usia pemohon, masa kerja, status pernikahan, dan lain sebagainya. Pastikan kalian lolos credit scoring ini dengan memenuhi persyaratan yang diminta. Gunakan data yang valid dan isi aplikasi dengan informasi yang tepat.

2. Cantumkan Nomor Ponsel dan Kode OTP yang Tepat

Hindari kesalahan dalam mencantumkan nomor ponsel, begitu juga dengan kode OTP. Apabila terjadi kesalahan bisa dibilang fatal dan membuat pengajuan pinjaman gagal untuk diproses lebih lanjut. Saat mencantumkan nomor ponsel, kalian perlu melakukan double check untuk meminimalisir kesalahan.

BACA JUGA:Praktis! Inilah 5 Aplikasi Pinjol Tanpa KTP Langsung Cair ke E-Wallet Tanpa Jaminan Terbaru 2024

3. Pilih Pinjol yang Bereputasi dan Tepercaya

Memilih pinjol bereputasi baik dan tepercaya sangat penting, terutama untuk memastikan bahwa kalian berurusan dengan perusahaan yang profesional dan memiliki kebijakan yang jelas. Pastikan perusahaan pinjol tersebut telah terdaftar resmi di OJK. Selain itu, pastikan juga pinjol tersebut sudah memiliki website atau aplikasi resmi yang memadai, sehingga proses peminjaman bisa diajukan dengan mudah.

4. Gunakan Foto dengan Kualitas Baik

Saat mengajukan pinjol, kalian pasti akan diminta untuk melampirkan beberapa foto pendukung, seperti foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP. Penting untuk membuat kedua foto ini terlampir dengan jernih, supaya bisa terbaca dengan baik oleh sistem. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: