5 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami! Wajib Dicoba!

5 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami! Wajib Dicoba!

KECANTIKAN - Cara Menghitamkan Rambut secara Alami!--

DISWAY JATENG - 5 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami! Wajib Dicoba! Rambut sehat, hitam dan berkilau merupakan idaman semua orang. Karena rambut yang hitam dan berkilau terlihat lebih menarik dan menawan.

Dengan cuaca panas, rambut sering bersentuhan dengan alat styling rambut, maupun penggunaan produk perawatan yang salah membuat rambut berubah warna. Menghitamkan rambut secara alami merupakan pilihan yang dapat dilakukan.

Menghitamkan rambut secara alami tentunya menggunakan bahan yang mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Tentunya cara ini tidak dapat mendapatkan hasil yang instan, apalagi dengan kondisi rambut yang tidak hitam.

Kondisi ini seperti rambut berubah warna menjadi kemerahan atau bahkan coklat karena panas matahari maupun penggunaan alat styling rambut. Menghitamkan rambut secara alami dapat menjadi solusi aman dan tepat.

BACA JUGA : Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut

1. Lidah Buaya

Cara menghitamkan rambut secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki banyak kegunaan mulai dari untuk perawatan wajah, menjaga kesehatan mulut hingga obat luka bakar.

Dengan lidah buaya yang memiliki daging cukup tebal, kemudian kupas kulit hijaunya yang tersisa hanya gelnya. Lalu haluskan lidah buaya kemudian gunakan pada rambut diamkan selama 10-15 menit.

Setelah itu keramas hingga bersih, gunakan perawatan lidah buaya ini secara rutin minimal seminggu sekali. Dengan kandungan antioksidan akan membuat rambut berkilau dan kandungan air agar rambut tidak kering.

2. Minyak Kemiri

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kemiri, yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang membantu pertumbuhan rambut. Ada pula asam gamma-linoleic yang membuat rambut menjadi lembap.

Penggunaannya dengan membakar atau sangrai kemiri hingga berubah menjadi kehitaman. Lalu, tumbuk kemiri hingga mengeluarkan minyak selanjutnya gosokan minyak kemiri pada rambut lakukan secara rutin.

Minyak kemiri bukan hanya bermanfaat untuk menghitamkan rambut saja dapat pula membuat rambut menjadi lebih tebal. Karena kandungan vitamin pada kemiri yang dapat menjadi pewarna alami.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk membuat rambut hitam alami. Bukan hanya hitam, rambur akan menjadi lebih berkilau, menutrisi rambut kusam dan warna hitam menjadi tahan lama.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan 5 tetes minyak zaitun lalu raakan ke seluruh rambut. Gunakan minyak zaitun tanpa campuran agar mendapatkan hasil akhir yang lebih maksimal.

Setelah itu diamkan semalaman agar nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat menyerap ke dala rambut. Jangan lupa gunakan penutup rambut yang terbuat dari plastic atau shower cap agar minyak zaitun menempel dimana-mana.

Esoknya bilas rambut dengan keramas dan menggunakan conditioner agar tidak meninggalkan bekas minyak. Keringkan rambut hanya dengan cara alami yakni handuk tidak boleh menggunakan hair dryer.

BACA JUGA : 4 Cara Atasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya

4. Urang Aring

Cara menghitamkan rambut secara alami berikutnya adalah menggunakan urang aring. Tumbuhan ini sudah dikenal membuat warna rambut menjadi hitam. Banyak perawatan rambut yang menggunakan ini.

Karena kandungan Vitamin E yang membuat rambut berkilau dan lembap. Ditambah dengan kandungan Collagen yang dapat menguatkan rambut serta Vitamin C untuk melembutkan rambut.

Urang aring ini sulit ditemui namun banyak produk perawatan rambut yang menggunakan urang-aring sebagai salah satu komposisinya. Mulai dari minyak rambut, shampoo dan produk perawatan rambut lainnya

5. Minyak Kelapa

Cara terakhir yang dapat dicoba adalah menggunakan minyak kelapa. Manfaatnya bukan hanya menghitamkan rambut saja tetapi juga membuat rambut terlindungi dari paparan sinar matahari dan menghaluskan rambut.

Penggunaannya dengan memanaskan minyak kelapa lalu oleskan ke seluruh rambut bisa dalam keadaan setengah basah atau kering. Tunggu selama 15 – 20 menit lalu bilas rambut hingga bersih dan lakukan secara rutin.

BACA JUGA : 4 Cara Membuat Rambut Hitam Alami Rahasia Turun Temurun Sejak Nenek Moyang

Diatas merupakan beberapa cara menghitamkan rambut secara alami tentunya aman dan tanpa efek samping. Namun perlu diperhatikan cara ini memerlukan proses yang panjang dan tidak bisa instan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: