Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan! Simak Uraiannya!

Manfaat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan! Simak Uraiannya!

KESEHATAN - Manfaat rebusan daun sirsak!--

DISWAY JATENG - Daun sirsak buah yang memiliki daging buah putih ini memiliki rasa yang asam manis. Dengan kandungan 3,3 gram serat pada setiap 100 gram daging sirsak.

Dalam kandungan serat 3,3 gram tentunya akan memenuhi kebutuhan 13% kebutuhan serat per hari. Bukan hanya buahnya yang mengandung banyak gizi, rebusan daun sirsak pun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama rebusannya.

Rebusan daun sirsak memiliki manfaat yang segudang bagi kesehatan, setelah dilakukan penelitian panjang ditemukanlah kandungan daun sirsak. Daun sirsak memiliki senyawa yang mampu mengobati kanker.

Kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan adalah acetogenin, kandungan ini dapat menghambat perkembangan sel kanker. Rebusan daun sirsak bukan hanya baik digunakan bagi pengidap kanker namun baik untuk menjaga kesehatan.

Rebusan daun sirsak dapat diminum setiap pagi agar mendapat manfaat kesehatannya. Minuman ini dapat diminun dalam keadaan panas maupun dingin dan juga konsumsinya wajib rutin.

Cara perebusannya mudah hanya dengan 10 lebar daun sirsak dan 3 gelas air mineral saja. Kemudian rebus hingga air dalam rebusan hanya tersisa setengahnya saja dan dapat langsung dikonsumsi.

BACA JUGA : Manfaat Lidah Buaya, Bantu Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah cara perebusan yang benar, berikut manfaat daun sirsak yang dierbus untuk menjaga kesehatan Anda:

1. Mengobati Kanker

Manfaat yang pertama dan banyak diketahui adalah sebagai pengobatan kanker. Pada daun sirsak terdapat kandungan actogenin bahkan kandungan ini lebih efektif daripada kemoterapi.

Kandungan actogenin sudah diteliti oleh banyak peneliti dan manfaatnya dapat menyembuhkan penyakit kanker. Bahkan actogenin pada daun sirsak sangat kuat daripada Adriamycin dalam melawan sel kanker.

2. Mengobati Asam Urat

Manfaat rebusan daun sirsak berikutnya adalah mengobati asam urat. Asam urat yang dapat terjadi karena konsumsi makanan dengan tinggi kandungan purin seperti jeroan ayam dan kacang-kacangan.

Bisa juga karena terganggunya fungsi ginjal akibat dari menurunnya ekresi kadar asam urat. Dengan kandungan yang dimiliki oleh daun sirsak dapat mengobati asam urat jika diminum secara teratur.

3. Mengobati Kolesterol

Selanjutnya, daun sirsak dapat mengobati kolesterol, kolesterol bersumber dari banyak hal. Mulai dari kebiasaan merokok, obesitas, maupun memiliki penyakit tertentu mulai dari hipertensi dan diabetes serta banyak lagi.

4. Mengobati Kista Ovarium

Manfaat ini sangat penting terutama bagi wanita , penyakit ini merupakan jenis tumor jinak yang timbul di ovarium. Jika tidak segera diobati kista ovarium ini dapat menjadi kanker yang tentunya lebih berbahaya.

BACA JUGA : 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut dan Cara Penggunaanya

5. Mengobati Penyakit Paru-paru

Manfaat rebusan daun sirsak lainnya adalah mengobati penyakit paru-paru, baik penyakit paru-paru basah maupun paru-paru kering. Yang berfungsi sebagai anti-bakteri dalam pengobatan paru-paru.

6. Mengobati Diabetes

Manfaat berikutnya dari daun sirsak adalah mengobati diabetes. Penelitian membuktikan bahwa senyawa dalam daun sirsak mampu menstabilkan kadar gula dalam darah pada tubuh dan membutnya normal.

Dengan kandungan antioksidan yang didalamnya terdapat senyawa saponin, polifenol, dan juga bioflavonoid. Yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit lainnya.

7. Menghilangkan Kutu

Manfaat daun sirsak yang terakhir adalah dapat menghilangkan kutu pada rambut. Faktanya, daun sirsak memiliki kandungan racun yang berbahaya bagi parasit maupun serangga.

Dengan menggunakan daun sirsak akan menghambat bahkan menghilangkan ketombe maupun kutu. Dengan cara merebusnya lalu gunakan air rebusan untuk mencuci rambut maka rambut akan bersih dari kutu.

BACA JUGA : 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut dan Cara Penggunaanya

Berikut merupakan manfaat dari rebusan daun sirsak dan cara perebusannya agar mendapatkan manfaat yang sesuai. Walaupun daunnya berukuran kecil, daun sirsak memiliki manfaat besar bagi kesehatan Anda!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: