Mengatasi Penyakit Asam Lambung dengan Manfaat Lidah Buaya

Mengatasi Penyakit Asam Lambung dengan Manfaat Lidah Buaya

manfaat lidah buaya untuk mengatasi penyakit asam lambung--

DISWAY JATENG - Manfaat lidah buaya untuk tubuh memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Manfaat ini mulai dari kesehatan, kecantikan kulit, hingga perawatan kulit dan rambut.

 

Siapa sangka manfaat lidah buaya juga bisa untuk mengatasi penyakit asam lambung. Penyakit yang banyak diderita wanita ini memicu sederetan gejala yang pastinya membuat pengidapnya merasa sangat tidak nyaman.

Biasanya penyakit asam lambung ini bisa diatasi dengan beberapa rimpang atau bahan herbal. Ternyata, penyakit asam lambung ini juga bisa diatasi dengan manfaat lidah buaya.

Berikut akan dibahas lebih jelas manfaat lidah buaya bagi kesehatan khususnya penyakit asam lambung. Juga beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari tanaman segudang khasiat ini.

BACA JUGA:8 Manfaat Lidah Buaya, Ampuh Hilangkan Bau Mulut

Gangguan asam lambung pada dasarnya muncul ketika otot yang berada di bagian bawah kerongkongan melemah. Otot tersebut bertugas untuk membuka dan menutup bagian kerongkongan.

Perlemahan otot mengakibatkan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna, sehingga makanan yang sudah masuk ke lambung bisa naik kembali ke kerongkongan. Nah, benarkah gangguan asam lambung bisa diatasi dengan konsumsi lidah buaya? Berikut manfaat lidah buaya bagi kesehatan :

1. Mengurangi Nyeri Akibat Iritasi Lambung

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Traditional Chinese Medicine menyebutkan, lidah buaya aman digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi GERD. Selain itu, tanaman tersebut bisa membantu mengurangi frekuensi munculnya gejala tanpa adanya efek samping serius.

2. Sebagai Antioksidan Alami

Salah satu penyebab terjadinya GERD adalah stres oksidatif dan peradangan. Nah, manfaat lidah buaya dapat mengatasi penyebab tersebut.

Sebab tanaman ini mengandung antioksidan alami dan antiinflamasi yang kuat, dengan bekerja efektif untuk menghambat kerja siklooksigenase.

BACA JUGA:5 Manfaat Lidah Buaya untuk Bantu Sistem Pencernaan hingga Mengobati Luka

3. Membantu Mengurangi Peradangan

Jus lidah buaya mengandung asam amino, vitamin, dan mineral yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Kandungan tersebut bisa mengoptimalkan kerja pencernaan sekaligus mengurangi zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat antiinflamasi yang secara efektif membantu mencegah terjadinya peradangan.

4. Sebagai Antimikroba Alami

 

Tak hanya itu, lidah buaya juga memiliki sifat sebagai antimikroba alami. Kandungan tersebut bekerja aktif dengan menekan gen yang bertugas untuk menghasilkan lipid. Dampaknya yaitu peningkatan resistensi insulin sekaligus penurunan efek toksik lipid pada organ hati.

BACA JUGA:Manfaat Lidah Buaya untuk Mengecilkan Perut Buncit hingga Melembapkan Kulit

 

5. Membantu Meningkatkan Imunitas

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah berkaitan dengan rangsangan sistem kekebalan tubuh sekaligus menguatkannya. Kondisi ini akan sangat baik bagi tubuh untuk melawan mikroorganisme yang menyebabkan masalah peradangan pada lambung, seperti bakteri Helicobacter pylori.

Lidah buaya selain mudah ditanam dan dirawat juga mudah diolah. Lidah buaya seringkali digunakan sebagai kandungan makanan, minuman hingga berbagai obat – obatan karena memiliki khasiat yang cukup banyak untuk kesehatan.

Yang paling mudah misalnya, Anda dapat mengoleskan lidah buaya ke kulit yang kering untuk melembabkan kulit Anda. Anda juga dapat mengolah lidah buaya menjadi minuman dingin atau es untuk dikonsumsi. 

Meski lidah buaya banyak mengandung manfaat, akan tetapi penggunaan maupun konsumsi lidah buaya hendaknya tidak berlebihan. Konsumsi atau penggunaan yang berlebihan dapat memicu efek samping seperti diare karena lidah buaya yang bersifat laxative.

 

Itu tadi beberapa manfaat lidah buaya yang dihubungkan dengan penyakit asam lambung. Sebagai tanaman dengan segudang manfaat untuk tubuh, mulai dari kesehatan hingga kecantikan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: