Dinas Parpora Kabupaten Tegal Siapkan SAR Guci Hadapi Lonjakan Wisatawan

Dinas Parpora Kabupaten Tegal Siapkan SAR Guci Hadapi Lonjakan Wisatawan

JELASKAN - Kepala Dinas Porapar jelaskan kesiapan hadapi lonjakan pengunjung Guci di libur panjang.--

DISWAYJATENG, SLAWI - Antisipasi dini ditempuh Dinas Porapar Kabupaten Tegal jelang datangnya libur panjang  hari besar. Yang berdampak pada lonjakan angka wisatawan, khsusunya di Obyek Wisata (OW) Guci. Sejalan dengan cuaca ekstrem, ditempuh Dinas Porapar dengan mengaktifkan tim SAR Guci melakukan siaga internal.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Muhammad Uwes Qoroni menyatakan, selama libur panjang  keagamaan, OW Guci akan buka seperti biasa. Untuk persiapan menghadapi lonjakan wisatawan, akan ditingkatkan sejalan dengan  kondisi cuaca belakangan ini.

BACA JUGA:Ulu-ulu Vak dan Petani Kabupaten Pemalang Gelar Demonstrasi

"Tujuannya agar wisatawan tetap aman dan nyaman ketika berada di obyek wisata," ujarnya,  Selasa (6/2).

Menurutnya, saat ini OW Guci masih siaga dan langkah antisipasi wisatawan  terus menjadi perhatian utama  agar tetap dalam posisi aman. Khusus menghadapi lonjakan wisatawan, saat ini  di kawasan Guci sudah tersedia total 3,12 hektare lahan parkir. 

BACA JUGA:50 Mahasiswa UPS Tegal Berpeluang Dapat Beasiswa Bank Indonesia

"Luasan lahan tersebut tersebar di kantor induk UPTD  seluas 0,16 hektare,  sebelah barat depan GTA seluas 0,4 hektar. Areal pasar 0,43 hektare, timur depan Guci Forest seluas 0,24 hektare dan di semua wahana wisata  seluas 1,84 hektare," cetusnya.

Dengan adanya lahan parkir yang memadai, pihaknya kini tengah berupaya untuk menata sirkuliasi keluar masuk mendaraan, penataan parkir dan fasilitas umum pendukung. Untuk sarpras jalan arah Tuwel menuju Guci saat ini juga sedang proses perbaikan lintasan. 

BACA JUGA:3 Desa di Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Dilanda Bencana

"Ada upaya untuk memperhalus area lintasan parkir kendaraan yang ada berikut pengadaan tolilet," ungkapnya.

Dari 24 wahana yang ada, ke depan akan dibangun TIC atau Tourist Informasi Center untuk meningkatkan kualitas  layanan  wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: