Menghadapi Lonjakan Wisatawan, Dinas Parpora Siapkan SAR Guci

Menghadapi Lonjakan Wisatawan, Dinas Parpora Siapkan SAR Guci

PENJELASAN - Kepala Dinas Porapar jelaskan kesiapan hadapi lonjakan pengunjung Guci di libur panjang keagamaan.--

DISWAY JATENG - Dinas Porapar Kabupaten Tegal mengambil langkah antisipasi dini menyikapi libur panjang hari besar yang berdampak pada lonjakan angka wisatawan khsususnya di destinasi wisata air panas Guci.

Dinas Porapar mengaktifkan tim SAR Guci melakukan siaga internal sejalan dengan cuaca ektrim. Kepala Dinas Porapar Muhammad Uwes Qoroni menyatakan, destinasi wisata air panas Guci akan buka seperti biasa selama libur panjang keagamaan.

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Guci di Tegal yang Asyik dan Hits, Cocok untuk Mengisi Liburanmu

"Untuk persiapan menghadapi lonjakan wisatawan akan kita tingkatkan sejalan dengan  kondisi cuaca belakangan ini, agar wisatawan tetap aman dan nyaman ketika berada di obyek wisata," ujarnya Selasa 6 Februari 2024.

Menurutnya, saat ini Guci masih siaga dan langkah antisipasi wisatawan terus menjadi perhatian utama agar tetap dalam posisi aman.

"Khusus menghadapi lonjakan wisatawan saat ini di kawasan destinasi obyek wisata Guci sudah tersedia total 3,12 hektar lahan parkir. Luasan lahan tersebut tersebar di kantor induk UPTD seluas 0,16 hektarm sebelah barat depan GTA seluas 0,4 hektar, areal pasar 0,43 hektar, timur depan Guci Forest seluas 0,24 hektar, dan disemua wahana wisata seluas 1,84 hektar," katanya.

BACA JUGA:Pancuran 13: Salah Satu Tempat Favorit Ketika Berkunjung ke Wisata Guci

Dengan adanya lahan parkir yang memadahi, pihaknya kini tengah berupaya untuk menata sirkuliasi keluar masuk kendaraan, penataan parkir, dan fasilitas umum pendukung.

"Untuk sarpras jalan arah Tuwel menuju Guci saat ini juga sedang proses perbaikan lintasan, dan ada upaya untuk memperhalus area lintasan parkir kendaraan yang ada berikut pengadaan tolilet," ungkapnya.

Dari 24 wahana yang ada kedepan akan dibangun TIC atau Tourist Informasi Center untuk meningkatkan kualitas layanan wisatawan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: