Bawaslu Kabupaten Pemalang Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

Bawaslu Kabupaten Pemalang Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif

MENYAMPAIKAN - Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Periode 2018-2023 Anik Sholihatun narasumber sedang menyampaikan materi sosialisasi.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.is--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pemalang menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif pada Pemilu tahun 2024 di Hotel R-Gina. Sebagai narasumber dalam sosialisasi ini Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Periode 2018-2023 Anik Sholihatun. 

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilu tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Pemalang hanya ada satu narasumber. Dalam sosialisasi ini oleh narasumber Anik Sholihatun menyampaikan materi pokok soal pengawasan partisipatif. Yaitu memaparkan inti peran pengawasan Partisipatif yaitu ada lima poin. 

BACA JUGA:Polres Tegal Dalami Kasus Tawuran Antargeng

Yaitu tentang penyebarluasan informasi pengawas Pemilu,  memberikan informasi awal dugaan pelanggaran, melalukan pemantau atau pengawasan, menginisiasi pencegahan pelanggaran dan melaporkan dugaan pelanggaran.

Anik Sholihatun sebelum memaparkan peran pengawasan partisipatif, ingin meminta pandangan kepada semua peserta terkait apa itu pengawas partisipasipatif. Dari sejumlah pandangan yang peserta sangat beragam. Diantaranya dari FKUB H Mundasir menyoroti soal netralitas Bawaslu. 

BACA JUGA:Prabowo Sampaikan Maaf kepada Paslon 1 dan 3 dalam Debat Capres

“Dia meminta kepada Bawaslu harus netral dalam melakukan pengawasan Pemilu 2024,” jelasnya. 

Selain itu ada peserta yang menyoroti soal pemasangan APK yang banyak di jalanan. Kondisi tersebut dinilai minimnya pengawasan dari Bawaslu maupun pemerintah. Terbukti penertiban pemasangan APK belum juga dilakukan, sehingga masih banyak APK yang ada dipinggiran jalan.

BACA JUGA:Ajukan Permohonan Ubah Sertifikat Tanah Terminal Adiwerna Kabupaten Tegal

Pihaknya tidak ingin terjadi lagi adanya kecelakaan yang disebabkan baliho yang roboh. Menimpa seorang pengendara sepeda motor yang mengakibatkan pengendara sepeda motor itu terjadi dari sepeda motor.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pemalang Sudadi berharap kepada semua elemen masyarakat termasuk tokoh - tokoh yang ada agar memberikan masukan dan saran pendapat untuk kebaikan kinerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu. Bahkan pihaknya juga berharap adanya dukungan masyarakat untuk menegakkan keadaan dalam melakukan pengawasan Pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: