9 Langkah Wajah Cerah di Usia 50 Tahun, Moms Wajib Tahu

9 Langkah Wajah Cerah di Usia 50 Tahun, Moms Wajib Tahu

Tips mencerahkan wajah untuk usia 50 tahun-Beautyhaul-

DISWAYJATENG - Ketika menginjak ke usia 50 tahun, perubahan kulit mungkin membuat Moms sedikit khawatir. Namun, jangan panik, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki wajah cerah.

Saat berada di usia 50an, tak sedikit orang yang terlihat perbedaan dan perubahannya dari segi penampilan dan wajah.

Namun, mereka juga banyak mengalihkan penampilannya tersebut dengan berbagai perawatan seperti facial, penggunaan skincare, dan menggunakan bahan alami lainnya.

Melakukan perawatan wajah dengan berbagai cara bisa menjadi hal yang menyenangkan jika dilalui dengan hati yang senang. Moms bisa melakukannya untuk mewujudkan kulit wajah yang cerah dan glowing.

BACA JUGA:Bukan Hanya Kacang! 8 Makanan Penyebab Jerawat ini Harus Kamu Hindari Agar Jerawat Tidak Tumbuh Makin Banyak

Jangan hanya fokus pada penampilan awet muda, tetapi pertahankan kesehatan kulit secara keseluruhan. Yuk, ikuti tips perawatan kulit ini!

1. Hidup Sehat, Kulit Sehat

Meskipun usia sudah setengah abad, menjaga kesehatan kulit tetap menjadi prioritas. Melansir dari laman Dr. Theresia Rina Yunita menjelaskan bahwa pada usia 50 tahun ke atas, kulit mengalami perubahan seperti penurunan kadar air, berkurangnya kolagen, dan penipisan lapisan kulit terluar.

Namun, perawatan kulit pada usia ini tidak jauh berbeda dengan orang yang lebih muda. Hindari mandi dengan air terlalu panas, gunakan sabun pembersih yang mengandung pelembap, dan pertahankan kelembapan kulit.

Kuncinya ada pada diri sendiri ya Moms, jangan malas dan bosan untuk merawat kecantikan kulit. Karena kulit yang sehat berawal dari kondisi tubuh yang sehat pula. Rutinlah menggunakan perawatan yang cocok, agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebih dapat menyebabkan kerutan, kulit kasar, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

BACA JUGA:6 Tips Mencegah Jerawat, Salah Satunya Membersihkan Wajah dengan Thyme

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 setidaknya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Hindari sinar matahari langsung pada pukul 10 pagi hingga 4 sore, dan gunakan perlindungan tambahan seperti topi dan kacamata hitam.

Moms juga bisa menggunakan sunscreen atau tabir surya untuk menjaga kesehatan kulit, sunscreen ini bisa dipakai saat keluar atau di dalam rumah saja. Moms dapat menggunakan sunscreen dengan kandungan yang telah disesuaikan dengan batas usia.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Apa yang Anda konsumsi dapat memengaruhi kesehatan kulit. Konsumsilah banyak buah, sayur, protein, dan lemak sehat untuk menjaga kesehatan kulit.

BACA JUGA:Hilangkan Jerawat Membandel Dengan 5 Cara Medis Ini, Salah Satunya Adalah Laser

Karotenoid yang banyak ditemukan dalam buah dan sayur dapat memberikan manfaat khusus untuk kulit.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Kulit membutuhkan kelembapan, dan minum air putih adalah cara terbaik untuk menghidrasinya. Pastikan Anda cukup minum air setiap hari, terutama karena kulit menjadi rentan terhadap dehidrasi seiring bertambahnya usia.

5. Pilih Sabun Berpelembap

Gunakan sabun dengan kandungan pelembap dan pastikan tidak mengandung zat basa (alkali) yang tinggi. Kandungan basa tinggi dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi.

6. Cuci Muka dengan Rutin

Bersihkan wajah dua kali sehari dengan facial wash untuk menjaga kebersihan dan kesegaran kulit. Hindari menggosok kulit terlalu keras, agar sebum alami kulit tetap terjaga.

7. Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Meskipun mandi air hangat terasa nyaman, hindari waktu berendam yang terlalu lama. Mandi air panas dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan keriput. Batasi waktu berendam maksimal 10 menit.

8. Lembapkan Kulit Setiap Hari

Kulit yang rentan kering pada usia di atas 50 tahun memerlukan perhatian ekstra. Gunakan pelembap yang kental dan lembut dengan bahan dasar minyak, dan aplikasikan setidaknya dua kali sehari setelah mandi.

9. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam. Lakukan eksfoliasi dengan bijak, jangan terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering.

Dengan menerapkan tips perawatan kulit ini, Moms dapat menjaga kulit tetap sehat, terawat, dan tetap cerah di usia 50 tahunan.

Jangan lupa, kecantikan kulit bukan hanya soal penampilan, tapi juga tentang kesehatan dan kepercayaan diri. Selamat merawat kulit, Moms!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: