Perut Buncit Bikin Minder? Begini Caranya Mengecilkan Perut dengan Cepat!

Perut Buncit Bikin Minder? Begini Caranya Mengecilkan Perut dengan Cepat!

Perut Buncit Bikin Minder? Begini Caranya Mengecilkan Perut dengan Cepat!--

Stres dapat meningkatkan hormon kortisol, yang dapat menyebabkan tubuh menyimpan lemak di perut. Stres kronis juga dapat mengganggu pencernaan dan membuat perut terasa kembung dan keras.

6. Kondisi medis tertentu

Beberapa kondisi medis, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), hipotiroidisme, dan penyakit celiac, dapat menyebabkan perut buncit dan keras.

BACA JUGA:CATAT! 5 Jenis Penyakit Ini Menyebabkan Perut Buncit dan Keras

Cara mengatasi perut yang buncit 

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut yang buncit dan keras:

1. Mengubah pola makan

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, karbohidrat olahan, dan lemak jenuh.
  • Perbanyak konsumsi serat dari buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.
  • Minum air putih yang cukup minimal 8 gelas per hari.  Air tidak hanya membantu dalam pengelolaan berat badan tetapi juga dapat membantu mengurangi retensi air yang dapat menyebabkan perut buncit.

2. Olahraga teratur

Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari. Pilihlah olahraga yang Anda sukai, seperti berjalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda.

3. Kelola stres

Stres dapat memicu produksi hormon cortisol, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di sekitar perut. Temukan cara untuk mengelola stres, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

4. Pastikan Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang berperan dalam pengaturan berat badan. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

5. Konsultasi dengan dokter

Jika perut buncit dan keras tidak kunjung membaik setelah melakukan perubahan gaya hidup, konsultasikan dengan dokter untuk memastikan tidak ada kondisi medis tertentu yang mendasarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: