Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Akomodir Keluhan Paguyuban Kapal Cacaban

Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Akomodir Keluhan Paguyuban Kapal Cacaban

BANTUAN - Bantuan pelampung kepada paguyuban kapal Cacaban yang dilakukan Dinas Perhubungan.Foto:Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya mendengar keluhan dan masukan dari paguyuban kapal Cacaban dilakukan Bidang Angkutan  Dinas  Perhubungan. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Angkutan dan Terminal Agil Suprayogi bersama Bidang Teknik Sarana berupaya  mendatangi mereka dan mendengar langsung. Apa yang selama ini masih menjadi beban  mereka dalam menjalanan aktifitasnya.

BACA JUGA:SMP IT Usamah Kota Tegal Sosialisasi Bahaya Perundungan

Diskusi bersama paguyuban kapal Cacaban  yang bisa pihaknya tangkap adalah soal permohonan pengadaan pelampung dan perubahan tarif harga borongan  penumpang kapal.

“Sebelumnya sebesar Rp150 ribu dinaikkan menjadi Rp200 ribu," ujarnya. 

Ketentuan tarif penumpang kapal di OW Waduk Cacaban selama ini  telah diatur dalam SK Bupati Tegal nomor 551.3/400/2022 tentang penetapan tarif angkutan sungai danau di Kabupaten Tegal. Selama ini, kapal wisata di OW Cacaban melayani trayek wisata dari Dermaga Cacaban- Pulau Bendu- Kenanga-Wadas Tumpang-Kalisusu dan kembali ke dermaga.

BACA JUGA:Siswa SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Berbagi Nasi Bungkus

“Jaraknya kurang lebih 7 mil. Setiap dua tahun sekali besaran tarif tersebut akan dievaluasi. Kami tetap akan memproses apa yang menjadi keinginan paguyuban kapal," cetusnya. 

Dalam diskusi kali ini juga mencuat aspirasi soal sulitnya mendapatkan solar untuk mendukung  operasional mereka. Di sini, para pemilik kapal  meminta pembaaruan rekomendasi pembelian solar kapal yang sudah habis masa berlakunya sejak Januari 2024. 

Mereka juga meminta agar pembelian solar di SPBU tetap bisa dilakukan di SPBU Curug yang selama ini melakukan pembatasan pembelian. 

BACA JUGA:Tiga Guru SMP Muhammadiyah 1 Kota Tegal Jadi Agen Perubahan Pendidikan

Pihaknya juga memberikan bantuan 15 buah pelampung kepada pemilik kapal. Hal ini untuk mendukung keselamatan penumpang kapal wisata di OW waduk Cacaban.  

“Selama tahun 2023, tercatat ada 67.362 penumpang kapal di obyek wisata tersebut dengan jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 33 buah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: