2 Desa di Pantura Kabupaten Tegal Terendam Banjir

2 Desa di Pantura Kabupaten Tegal Terendam Banjir

TERGENANG - Banjir menggenangi sejumlah rumah penduduk di Desa Kemuning dan Desa Plumbungan, Kecamatan Kramat.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - 2 desa di wilayah Pantura Kecamatan Kramat terendam banjir. Dua desa itu yakni Kemuning dan Plumbungan.

Kendati tidak ada korban jiwa atau luka, namun luapan Sungai Cacaban yang membentang di dua desa tersebut telah menggenangi sejumlah rumah penduduk dan jalan penghubung.

Kepala Desa Kemuning Supratman menuturkan, lokasi banjir di desanya berada di RW 4 yang meliputi RT 1, 2, 3 dan 4. Tepatnya di tepi Sungai Cacaban.

Ketinggian banjir bervariatif. Mulai dari 30 hingga 70 sentimeter. Banjir diakibatkan karena hujan deras yang terjadi.

BACA JUGA:Poltek Harber Tegal Wujudkan Mahasiswa Magang dan Kerja di Jepang

Sehingga Sungai Cacaban meluap dan menggenangi sejumlah ruas jalan dan rumah penduduk.

"Di sini memang langganan banjir. Setiap turun hujan, Sungai Cacaban pasti meluap, apalagi kalau hujannya deras," kata Supratman.

Sejauh ini, lanjut Supratman, keluarga terdampak banjir tidak ada yang mengungsi. Karena genangan banjir tidak tinggi. Meski banjir masuk ke dalam rumah, tapi hanya sebagian. 

BACA JUGA:SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Adakan PPHB 2024

Saat ini warga masih siaga di rumahnya masing-masing karena dikhawatirkan ada banjir susulan.

Menurut Supratman, bencana banjir ini tidak ada korban jiwa maupun luka. Hanya saja, para petani mengalami kerugian materi yang cukup banyak. Karena banjir telah menggenangi bibit dan tanaman padi di areal persawahan seluas sekitar 4 hektare.

BACA JUGA:SDIT Usamah Kota Tegal Adakan Pertemuan dengan Orang Tua

"Banyak bibit padi yang tergenang. Termasuk juga tanaman padi yang baru ditanam. Banyak yang rusak," tuturnya.

Supratman berharap, Sungai Cacaban segera dinormalisasi saat musim kemarau. Sehingga alirannya lancar dan tidak meluap ke rumah penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: