Perbedaan 4 Jenis-Jenis Perut Buncit, Salah Satunya Adalah Perut Mummy. Simak Baik-Baik

Perbedaan 4 Jenis-Jenis Perut Buncit, Salah Satunya Adalah Perut Mummy. Simak Baik-Baik

jenis perut buncit -VOI-

DISWAYJATENG - Perut buncit, siapa yang tak kenal? Kondisi ini bisa bikin kita merasa tidak nyaman, dan ternyata ada lebih dari satu jenis perut buncit yang perlu kita kenali.

Jangan terus-terusan pusing mikirin perut yang gak kunjung rata, karena mungkin saja itu bukan cuma soal makanan, tapi ada faktor lain yang terlibat.

Perut buncit bisa disebabkan oleh beberapa faktor, tapi yang mendominasi adalah kondisi pola makan dan gaya hidup.

Selain itu, kondisi psikologis seperti stres dan depresi juga bisa menimbulkan kesehatan fisik seperti perut yang membuncit.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan! Perut Buncit bisa Berbahaya bagi Kesehatan Tubuh, Simak 5 Tips Punya Perut Ramping

Sebenarnya apa saja sih penyebab perut buncit? Jangan sepelekan, karena jika perutmu sudah membuncit, kamu akan merasa sulit untuk mengembalikannya lagi. Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Ayo, kita kupas satu per satu!

1. Perut Alkohol: Minuman Keras Punya Dampak Besar

Suka nongkrong sambil ngopi atau minum bir? Well, perut alkohol mungkin aja jadi teman setia kamu. Kebiasan minum alkohol bisa bikin perut buncit atau mengembang lebih besar.

Nah, yang unik dari perut ini adalah, dia lebih cenderung terlihat menonjol dari bagian atas hingga bawah diafragma. Jadi, jangan kaget kalau kamu mulai ngerasa ada yang 'membuncit' setelah meminum alkohol.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Obat mengatasi Perut Buncit ini Ampuh Hialngkan Perut Buncit. Tersedia di Apotek juga

Jangan salah, meminum alkohol bukan hanya membuat perutmu buncit, namun bisa menimbulkan dampak kesehatan yang memburuk.

2. Perut Hormonal: Jangan Salahkan Hormon Sembarangan

Hormon, kadang bikin segalanya jadi nggak stabil, termasuk bentuk perutmu. Kalau kamu punya perut yang membuncit atau menonjol hanya di bagian bawah, khususnya sekitar area panggul, itu bisa jadi tanda lemak perut akibat ketidakseimbangan hormon.

Biasanya, kondisi ini disebut PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), yang membuat perut bagian bawah terlihat lebih memanjang dan jatuh ke bawah. Jangan heran kalau berat badan juga ikutan nambah tanpa sebab yang jelas.

3. Stres Perut: Kapan Saja Bisa Datang

Nggak nyangka ya, stres ternyata bisa bikin perut juga ikutan stres. Perut yang membuncit di bagian atas atau tepat di bawah tulang rusuk, terus menonjol saat duduk, bisa jadi tanda stres perut.

Jadi, kalau kamu lagi sibuk banget atau lagi ngalamin tekanan pikiran, mungkin perut ikut nimbrung dan membesar.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Perut Buncit dengan Bahan Alami dalam Satu Minggu? Berikut 12 Tips Sederhananya. Dijamin Ampuh

Ini menjadi pengingat untuk kamu dan kita semua, kalau stres merupakan hal yang negatif dan akan berdampak buruk bagi kesehatan.

4. Perut Mummy: Jejak Melahirkan yang Manis

Buat para ibu baru, perut buncit pasca melahirkan itu wajar, lho. Nah, jenis perut ini biasanya lebih condong ke bagian bawah.

Ciri khasnya, perut yang menonjol di bagian bawah ini terlihat lebih kendur daripada perut buncit akibat masalah hormonal.

Jangan kaget kalau kamu merasa otot perut atas terasa kendur dan ada celah di antaranya. Saking manisnya, mereka pun memberi sebutan khusus, yaitu perut mummy.

Perut buncit atau kendur setelah melahirkan memang hal yang wajar, namun jangan sungkan untuk memulihkannya kembali.

Kamu bisa berolahraga ringan dan memulai pola makan yang sehat agar perut ramping dan seksi bisa kamu dapatkan lagi.

Nah, itulah beberapa jenis perut buncit yang mungkin pernah kamu alami atau bahkan kamu miliki sekarang.

Ingat, setiap perut buncit punya cerita dan penyebabnya masing-masing. Jadi, daripada terus-terusan bingung atau stres, yuk kenali dulu jenis perutmu. Dengan tahu jenisnya, kita bisa lebih tepat dalam merawat dan menjaga kesehatan perut kita.

Jangan lupa, selalu jaga keseimbangan antara makanan sehat, olahraga, dan kesehatan mental. Semoga perutmu selalu happy dan nggak bikin ribet!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: