9 Cara Menurunkan Berat Badan secara Cepat dan Alami, Salah Satunya Kurangi Karbohidrat Olahan dan Gula

9 Cara Menurunkan Berat Badan secara Cepat dan Alami, Salah Satunya Kurangi Karbohidrat Olahan dan Gula

LANGSING. Sarapan dengan mengonsumsi makanan tinggi protein untuk menurunkan berat badan.--sumber gambar: pinterest

DISWAY JATENG- Memiliki badan sehat bugar dengan berat ideal merupakan keinginan banyak orang terutama wanita. Sebab, hal ini juga dapat menjadi acuan kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit.

Sayangnya, banyak orang yang melakukan cara menurunkan berat badan dengan instan tanpa memperhatikan efeknya. Naik turunnya berat badan seseorang bergantung pada asupan kalori yang dimasukkan dan dikeluarkan oleh tubuh.

Asupan kalori berlebih serta tidak diimbangi dengan olahraga atau aktivitas fisik dapat memicu kenaikan berat badan. Karena kalori yang tidak terpakai akan disimpan dalam bentuk lemak oleh tubuh.

Inilah sebabnya, untuk menurunkan berat badan asupan kalori yang masuk ke tubuh harus lebih sedikit. Selain itu, Anda juga harus meningkatkan durasi aktivitas fisik agar tubuh memecah lemak dan mengubahnya menjadi energi.

Ada banyak cara menurunkan berat badan yang dapat Anda coba, misalnya:

BACA JUGA: Ingin Cepat Kurus dan Berat Badan Ideal? Ini 7 Kebiasaan yang Dapat Anda Lakukan

1. Mengonsumsi Protein Saat Sarapan

Sebuah studi dalam BMJ Journals menyebutkan bahwa protein bekerja dengan mengendalikan formon nafsu makan. Protein membuat Anda lebih kenyang lebih lama karena meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang seperti kolesistokinin, peptida YY, dan GLP-1.

2. Kurangi Karbohidrat Olahan dan Gula

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat olahan dan gula. Karena karbohidrat olahan tidak mengandung serat dan nutrisi penting lainnya.

Tubuh akan mencerna karbohidrat olahan menjadi glukosa sehingga membuat lebih cepat lapar. Selain itu, glukosaa berlebih yang masuk ke aliran darah akan menyebabkan peningkatan kadar hormon insulin.

Hal ini akan mengakibatkan kelebihan penyimpanan lemak pada jaringan adiposa yang memicu peningkatan berat badan.

3. Perbanyak Asupan Serat

Asupan serat yang masuk ke dalam tubuh dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga tidak membuat makan berlebihan. Hal ini dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif untuk Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: