Pemalang Expo 2024, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Promosi

Pemalang Expo 2024, Pemulihan Ekonomi Nasional dan Promosi

MEMBUKA - Bupati Pemalang Mansur Hidayat memukul gong tandi dibuka Pemalang Expo 2024.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan menggelar Pemalang Expo 2024 di Alun-alun. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-449 Kabupaten Pemalang.

Pemalang Expo dibuka oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat dengan ditandai pemukul gong. Turut mendampingi Bupati, Kementerian Koperasi dan UMKM Kepala Bidang Jaringan Rantai Pasok Usaha Deputi Bidang Usaha Mikro, forkompinda, Sekretaris Daerah Heriyanto dan Ketua TP PKK Kabupaten Pemalang Santi Rosalia. 

BACA JUGA:Kirab Pataka di Kabupaten Pemalang Menjadi Tradisi Budaya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang Heriyanto Selaku Panitia Hari Jadi ke-449 Kabupaten Pemalang tahun 2024 dalam laporannya menyampaikan, kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 26 hingga 28 Januari 2024. Adapun rangkaian acaranya meliputi kolaborasi antara bazaar kuliner, expo UMKM, pameran pembangunan, lomba/festival, pentas seni dan hiburan rakyat.

"Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan dan kehadiran wisatawan nusantara, kehadiran berbagai instansi dari luar daerah. Serta memberikan sarana dan tempat pemasaran bagi pelaku UMKM. Sehingga dapat meningkatkan penjualan,"katanya.

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Pemalang Gelar Rapat Paripurna Istimewa Peringati Hari Jadi ke-449

Acara diikuti oleh Kementerian Koperasi dan UKM, instansi vertikal, OPD/instansi Kabupaten Pemalang, BUMN/BUMD, lembaga keuangan/perbankan, perusahaan swasta, pelaku usaha/UMKM. Serta masyarakat umum yang jumlahnya sebanyak  150 stan, terdiri dari UMKM gratis 50, stan OPD/BUMD sejumlah 13, dan 87 stan UMKM berbayar. 

Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan diselenggarakan dengan mempertimbangkan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam peningkatan ekonomi daerah maupun negara. 

Oleh karena itu, pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap perkembangan pelaku usaha/UMKM agar dapat semakin berkembang. Sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian warga masyarakat Kabupaten Pemalang.

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 2 Kota Tegal Adakan Tryout AKM Literasi dan Numerasi

Di samping promosi dan penjualan produk-produk unggulan UMKM. Event ini juga disiapkan agar bisa memfasilitasi berbagi komunitas di masyarakat untuk berkompetisi, berkreasi dan menampilkan hasil karyanya dalam bentuk festival, lomba atau pentas seni.

"Kegiatan-kegiatan festival, lomba maupun pentas seni yang terselenggara di sini. Nantinya diharapkan bisa menambah daya tarik warga untuk datang berkunjung melihat-lihat pameran,"tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: