Kirab Pataka di Kabupaten Pemalang Menjadi Tradisi Budaya

Kirab Pataka di Kabupaten Pemalang Menjadi Tradisi Budaya

MERIAH - Kirab Pataka Peringatan Hari Jadi ke-449 Kabupaten Pemalang menjadi tontonan menarik bagi warga.Foto:Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG –  Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pemalang yang setiap tahunnya diselenggarakan, menjadi tradisi budaya dan  menjadi daya tarik masyarakat untuk menyaksikannya.  Karena kemasan budaya itu, memberikan simbol diserahkannya pemerintahan kepada Bupati Pemalang yang masa itu sedang memimpinnya. 

Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, Kirab Pataka Peringatan Hari Jadi ke-449 tahun 2024 merupakan perjalanan sejarah lahirnya Kabupaten Pemalang. 

BACA JUGA:UPS Tegal Komitmen Wujudkan Universitas Bertaraf Internasional

Dimana disimbolkan dalam bendera logo Pemerintahan Kabupaten Pemalang dan bendera merah putih. Di sisi lain juga sebagai tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Pemalang, dimana tujuannya untuk menyatukan antara pemerintahan dengan budaya dan masyarakat yang ada di Kabupaten Pemalang.

"Sehingga diharapkan semua yang ada dapat menyatu untuk bissa membangun Kabupaten Pemalang,"katanya.

BACA JUGA:Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Kabupaten Tegal Usul Hibah Aset Layanan Rumah Kemasan

Menurutnya, membangun Kabupaten Pemalang agar semakin maju dan berkembang, sangat diperlukan ada pengatuan semua komponen yang ada. Baik itu pemerintah daerah, seluruh Forkompinda dan juga masyarakat Kabupaten Pemalang semua menyatu untuk bersama - sama membangun Kabupaten Pemalang agar kedepan semakin maju lagi.

Kirab Pataka Peringatan Hari Jadi ke 449 Kabupaten Pemalang tahun 2024, dilakukan oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersama Ketua DPRD Tatang Kirana. Dalam kirab pataka, masing-masing Bupati Pemalang bersama istri dan Ketua DPRD Tatang Kirana bersama istri menaiki kereta kencana yang diiringi dengan berbagai pasukan. 

BACA JUGA:Ruas Jalan Semboja-Randusari Kabupaten Tegal segera Dilebarkan

Diawali pasukan paskibra membawa bendera merah putih, Marching Band PDRI Kabupaten Pemalang, Pasukan Laskar Benowo dan Pasukan Simongklang. Untuk memeriahkan jalannya kirab pataka juga dikemas dalam festival budaya. Yaitu banyaknya kesenian yang ada di Kabupaten Pemalang ikut mengiringi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: