UPS Tegal Perkuat Kemitraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

UPS Tegal Perkuat Kemitraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

MoU — Pimpinan Universitas Pancasakti Tegal dan Universitas Hang Tuah menunjukkan dokumen Memorandum of Understanding yang telah ditandatangani kedua pihak.Foto:K Anam S/Jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Universitas Pancasakti Tegal (UPS) dan Universitas Hang Tuah  menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kemitraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan kedua kampus. Penandatanganan MoU dilakukan pimpinan kedua universitas di Ruang Senat Gedung Rektorat Kampus I UPS.

MoU ini merupakan langkah sinergitas kedua kampus dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, dengan ruang lingkup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam mengembangkan potensi dan penguatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), internasionalisasi, dan bidang kerja sama lain yang disepakati.

BACA JUGA:Satu Keluarga di Kabupaten Tegal Mengungsi Akibat Rumahnya Roboh

Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum mengatakan, UPS telah mencoba melakukan berbagai macam terobosan dan inovasi untuk kemajuan kampus. Yakni, mulai dari peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, MBKM, internasionalisasi dan digitalisasi menuju kampus unggul. Selain itu, UPS melaksanakan program magang ke luar negeri.

“Kami telah melaksanakan progam magang di berbagai negara mulai dari Jepang, Malaysia, Thailand, dan Insya Allah akan mengirimkan beberapa mahasiswa ke Eropa melalui kerja sama dengan MNC Group. Semoga kedepannya UPS dan Universitas Hang Tuah dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam program MBKM, khususnya magang ke luar negeri,” kata Taufiqulloh.

BACA JUGA:Satu Keluarga di Kabupaten Tegal Mengungsi Akibat Rumahnya Roboh

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UPS dan Universitas Hang Tuah sebagai tindak lanjut kerja sama yang lebih spesifik di tingkat fakultas dan program studi, terutama terkait magang ke luar negeri.

Wakil Rektor III Universitas Hang Tuah Dr Sulistiyanto SE MM MSc Psc mengungkapkan rasa senang atas terwujudnya kerja sama antara UPS dan Universitas Hang Tuah. Menurutnya, UPS merupakan perguruan tinggi yang memiliki prestasi, baik akademik maupun non akademik, terutama MBKM, khususnya magang ke luar negeri. 

BACA JUGA:Purna Tugas Jadi Bupati Tegal, Umi Azizah Kembali ke Lembaga

Selain itu, Sulistiyanto juga mengharapkan dengan adanya pertemuan dan penandatanganan MoU ini UPS bisa membantu Universitas Hang Tuah dalam mengimplementasikan MBKM, khususnya magang ke luar negeri, serta dapat menjadi ajang untuk saling meningkatkan kualitas dan kuantitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

“Kami berharap agar UPS berkolaborasi dalam MBKM, khususnya magang ke luar negeri,” ungkap Sulistiyanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: