Panduan Lengkap Cara Diet OCD untuk Pemula dalam Seminggu

Panduan Lengkap Cara Diet OCD untuk Pemula dalam Seminggu

Panduan Lengkap Cara Diet OCD untuk Pemula dalam Seminggu--

DISWAY JATENG - Diet OCD, atau diet OMAD (One Meal a Day), adalah salah satu metode diet intermittent fasting yang populer di Indonesia. Metode diet ini menganjurkan pelakunya untuk berpuasa selama 16-24 jam dalam sehari, dan hanya makan satu kali dalam waktu yang singkat.

Diet OCD diklaim dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism, orang yang menjalani diet OCD selama 12 minggu mengalami penurunan berat badan rata-rata 6,3 kg.

Namun, perlu diingat bahwa diet OCD bukanlah metode diet yang aman untuk semua orang. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, atau gangguan makan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani diet OMAD.

Berikut adalah panduan cara diet OCD dalam waktu seminggu:

Minggu 1: Puasa 16 jam

Untuk pemula, disarankan untuk memulai dengan puasa 16 jam dalam sehari. Artinya, Anda hanya boleh makan selama 8 jam dalam sehari.

BACA JUGA:Tips Melakukan Intermittent Fasting dengan Aman, Salah Satunya Dapat Memperpanjang Umur

Misalnya, jika Anda memulai diet ini pada pukul 7 pagi, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman apa pun dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore. Lalu, setelah jam 3 sore, Anda harus berpuasa hanya dengan minum air putih sampai esok hari jam 7 pagi.

Minggu 2: Puasa 18 jam

Setelah dua minggu menjalani puasa 16 jam, Anda dapat meningkatkan waktu puasa menjadi 18 jam. Artinya, Anda hanya boleh makan selama 6 jam dalam sehari.

Misalnya, jika Anda memulai diet ini pada pukul 7 pagi, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman apa pun dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang. Lalu, setelah jam 1 siang, Anda harus berpuasa hanya dengan minum air putih sampai esok hari jam 7 pagi.

Minggu 3: Puasa 20 jam

Pada minggu ketiga, Anda dapat meningkatkan waktu puasa menjadi 20 jam. Artinya, Anda hanya boleh makan selama 4 jam dalam sehari.

Misalnya, jika Anda memulai diet ini pada pukul 7 pagi, Anda dapat mengonsumsi makanan dan minuman apa pun dari jam 11 pagi sampai jam 3 sore. Lalu, setelah jam 3 sore, Anda harus berpuasa hanya dengan minum air putih sampai esok hari jam 11 pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: