Tips Melakukan Intermittent Fasting dengan Aman, Salah Satunya Dapat Memperpanjang Umur

Tips Melakukan Intermittent Fasting dengan Aman, Salah Satunya Dapat Memperpanjang Umur

Tips Melakukan Intermittent Fasting dengan Aman, Salah Satunya Dapat Memperpanjang umur--

DISWAY JATENG - Intermittent fasting (IF) adalah metode diet yang melibatkan pembatasan asupan makanan selama periode waktu tertentu. 

Metode diet ini telah menjadi tren kesehatan populer dalam beberapa tahun terakhir, karena diklaim dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan metabolisme, dan bahkan memperpanjang umur.

BACA JUGA:11 Tips Diet dengan Mengatur Pola Makan untuk Hasilkan Badan yang Ideal

Prinsip Dasar

Prinsip dasar intermittent fasting adalah mengatur waktu makan dan puasa secara berkala. Pada dasarnya, metode diet ini membagi waktu dalam dua fase, yaitu fase puasa dan fase makan.

Pada fase puasa, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan apa pun, tetapi Anda masih boleh minum air putih, teh, atau kopi tanpa gula. Durasi fase puasa dapat bervariasi, tergantung pada metode IF yang Anda pilih.

Pada fase makan, Anda boleh mengonsumsi makanan seperti biasa. Namun, penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Metode 

Ada beberapa metode dietnya yang berbeda, di antaranya:

Metode 16:8

Metode ini adalah metode yang paling populer. Pada metode ini, Anda berpuasa selama 16 jam dan makan selama 8 jam. Misalnya, Anda bisa mulai berpuasa pada pukul 8 malam dan makan lagi pada pukul 12 siang.

Metode 5:2

Metode ini mengharuskan Anda untuk makan seperti biasa selama lima hari dalam seminggu, dan mengurangi asupan kalori Anda hingga 500-600 kalori pada dua hari lainnya.

Metode OMAD

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: