5 Tips Diet untuk Pemula, Nomor 4 Banyak Orang Menyepelekannya

 5 Tips Diet untuk Pemula, Nomor 4 Banyak Orang Menyepelekannya

DIET-Tips Diet untuk Pemula--

DISWAY JATENG - 5 Tips Diet untuk Pemula, Nomor 4 Sering Disepelekan. Bagi sebagian orang menurunkan berat badan merupakan hal yang sulit. Banyak hambatan yang berupa godaan makan dan tantangan lain yang harus dijalankan.

Tentu makanan merupakan godaan terkuat bagi yang akan melakukan diet. Bukan hanya untuk tubuh yang ideal, namun juga kesehatan yang akan diperoleh.

Dengan melakukan diet banyak hal yang diperoleh mulai dari berat badan yang ideal, dan sesuai keinginan saja. Ada juga manfaat lain jika melakukan diet yakni terhindar dari penyakit akibat kelebihan berat badan.

Program diet banyak dijalankan oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Mencoba berbagai macam program diet yang diklaim ampuh untuk menurunkan berat badan.

Diet yang dilakukan terkadang tidak sesuai walaupun berhasil kurus, namun ada penyakit yang mengintai. Banyak cara diet yang mudah dan tidak menyiksa, yang tentunya tetap makan seperti biasa.

BACA JUGA: Diet Tanpa Nasi Salah Satu Cara Menurunkan Berat Badan dan Meningkatkan Kesehatan

Karena kebanyakan orang melakukan diet dengan tidak makan atau mengurangi terhadap makanan tertentu. Padahal ada cara yang dilakukan untuk diet dengan tidak mengurangi porsi makan.

Karena jika melakukan diet yang berbahaya akan mengakibatkan banyak masalah, mulai dari penyakit pencernaan karena porsi makan yang berkurang, maupun hal lain yang membuatnya lebih tersiksa dari sebelum melakukan diet.

Berikut tips diet untuk pemula:

1. Sarapan Rendah Kalori

Tips diet untuk pemula yang terkadang diabaikan adalah sarapan pagi. Meski sedang melakukan diet, bukan berarti melewatkan sarapan pagi.

Bukan dengan melewatkan waktu sarapan melainkan mengganti jenis makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan saat sarapan bisa diganti dengan makanan yang lebih sehat daripada menghindari sarapan.

BACA JUGA: Cocok Untuk Menu Diet, Ini Deretan Sayur yang Rendah Karbohidrat

Misalnya, untuk sarapan orang Indonesia umumnya mengkonsumsi nasi dan berbagai lauk. Ini bisa diubah mulai dari mengganti nasi putih dengan nasi merah, ataupun dengan menggantinya dengan konsumsi kentang, roti gandum, maupun ubi.

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda, sehingga harus memperhatikan konsumsinya. Namun, mengkonsumsi kalori harus sesuai agar tidak mengalami kelebihan berat badan.

2. Mengkonsumsi Banyak Serat

Konsumsi makanan tinggi serat merupakan salah satu tips diet untuk pemula. Tips ini merupakan yang mudah dan murah untuk dilakukan.

Serat yang berarti perbanyak konsumsi sayur dan buah. Bukan hanya memiliki banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan, juga berpotensi menurunkan berat badan.

Banyak makanan yang mengandung serat yang dapat dikonsumsi untuk program diet, dan menemukannya pun mudah.

BACA JUGA: Diet Sehat tanpa Olahraga, Solusi Bagi yang Tidak Punya Waktu Luang

Misalnya dengan buah berupa; alpukat, kiwi, pisang maupun apel. Bisa juga dengan berbagi macam sayur, olahan gandum, dan oatmeal (sereal sehat)

Dengan melakukan hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini dapat berpotensi menurunkan berat badan secara signifikan.

3. Rutin berolahraga

Tips diet bagi pemula lainnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Bukan hanya konsumsi makanan sehat dan mengatur pola makan yang perlu diperhatikan.

Olahraga pun menjadi salah satu cara agar diet yang dilakukan berhasil serta dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Karena ketika tubuh bergerak akan membuat banyak lemak yang luruh karena pergerakan yang dilakukan.

Olahraga dapat berpengaruh pada diet yang dilakukan jika dilakukan secara stabil dan rutin. Misalkan 30 menit sehari, dengan jogging dan dilakukan setiap hari.

BACA JUGA: Tips Langsing dengan Diet Sehat Alami Tanpa Obat, Lakukan 7 Tahapannya Setiap Hari

Namun, setelah melakukan olahraga diusahakan jangan langsung makan. Karena hal ini akan percuma karena membuat pembakaran yang dilakukan akan percuma.

4. Atur Jadwal Makan

Memiliki jadwal makan yang teratur merupakan salah satu tips diet bagi pemula. Makan merupakan suatu kewajiban dan ada waktu melakukannya.

Dengan melakukan diet bukan berarti melewati salah satu jadwal makan yang mengakibatkan perut kosong. Karena jika membiarkan perut kosong bukan diet yang berhasil melainkan kelaparan yang dialami dan akan mengalami masalah pencernaan.

Ada berbagai waktu makan yang dapat dilakukan bagi yang beru melakukan diet pertama kali. Misalkan 3 kali makan besar dan 6 kali makan kecil.

Namun perlu diperhatikan adalah apa yang dimakan, agar tidak sembarangan makan. Yang berakibat pada gagalnya proses diet yang sedang dilakukan.

BACA JUGA: 5 Racikan Infused Water Untuk Diet, Mudah Dibuat Sendiri di Rumah!

5. Kurangi Gula

Tips diet untuk pemula yang terakhir adalah kurangi gula. Gula dengan kata lain makanan manis merupakan godaan.

Tetap makan manis dapat dilakukan namun dengan mengurangi porsi. Karena makanan manis dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan kegagalan dalam diet yang dilakukan.

Berikut merupakan beberapa tips diet untuk pemula yang dapat dilakukan dengan tanpa mengurangi jatah makan. Dan tetap dapat makan enak disetiap waktu namun tetap memperhatikan apa yang dikonsumsi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: